Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo yang terdiri atas 5 kelas. Sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling yaitu kelas X MIPA2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 16 orang dan siswa kelas X MIPA1 sebagai kelas kontrol sebanyak 16 orang di SMA Negeri 2 PAsarwajo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan tes. Pengaruh model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dalam proses pembelajaran diketahui berdasarkan perhitungan uji t. hasil penelitian ini diperoleh thitung = 2,314 dan ttabel = 30, maka thitung ttabel = 2,314 < 30, pada taraf signifikan 0,05. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 2 Pasarwajo.
Copyrights © 2020