ABSTRACTPT. Tolu Tiopan Tondi (PT. Tolu) is a company engaged in the manufacture of furniture. Standards and product quality can be maintained by the company to meet consumer needs. But with so many business ventures in the same field, PT. Tolu must understand and have plan business strategies to continue to compete in the business world and still get full trust from customers as one of the company's survival guarantees. So that the business of PT. Tolu grows and recognized by the wider community, it is necessary to plan a business strategy. PT. Tolu uses a Business Model Canvas (BMC) approach that can develop business strategies for the present as well as the future to analyse the business strategy. The results of the analysis of the existing business strategy indicate that the strategy used by PT. Tolu is included in the criteria of feasible. It means that the organization is in prime and steady condition. It is possible to continue to expand, enlarge growth and achieve maximum progress. Based on the results of the analysis the development of the business model canvas is carried out on the channel component, key resource component, and customer relationship component.Keywords: business model canvas, EFAS, IFAS, SWOTABSTRAKPT. Tolu Tiopan Tondi (PT. Tolu) merupakan perusahaan di bidang pembuatan furnitur. Standar dan kualitas produk mampu dipertahankan perusahaan tersebut untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Namun dengan banyaknya usaha bisnis di bidang yang sama, PT. Tolu harus memahami serta merencanakan strategi bisnis agar dapat terus bersaing dalam dunia bisnis dan tetap mendapat kepercayaan penuh dari pelanggan sebagai salah satu jaminan kelangsungan hidup perusahaan. Agar bisnis PT. Tolu berkembang dan semakin dikenal oleh masyarakat luas, maka perlu direncanakan strategi bisnis. Untuk menganalisis strategi bisnis PT. Tolu menggunakan pendekatan Business Model Canvas yang dapat mengembangkan strategi bisnis untuk masa sekarang maupun masa yang akan datang. Hasil analisis terhadap strategi bisnis eksisting menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh PT. Tolu termasuk dalam kriteria “layak” artinya organisasi dalam kondisi prima dan mantap sehingga benar-benar dimungkinkan untuk terus menjalankan ekspansi, memperbesar pertumbuhan dan meraih kemajuan secara maksimal. Hasil analisis menunjukkan perlu dilakukan pengembangan pada Business Model Canvas yaitu pada komponen channel, key resource dan dengan menambahkan website untuk memasarkan produk agar lebih dikenal masyarakat luas customer relationship.Kata Kunci: business model canvas, EFAS, IFAS, SWOT
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020