AMAR (Andalas Management Review)
Vol 4 No 2 (2020)

Pengaruh Celebrity Endorser, Online Advertising dan Word of Mouth terhadap Minat Beli Konsumen pada E-Commerce Tokopedia

Muhammad Arief Algiffary (Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya)
Zakaria Wahab (Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya)
Muchsin Saggaff Shihab (Program Studi Magister Manajemen Universitas Sriwijaya)
Marlina Widiyanti (Magister Manajemen Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser, online advertising dan word of mouth terhadap minat beli konsumen pada e-commerce Tokopedia. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Indonesia pengguna media sosial Instagram berusia 15-34 tahun yang merupakan pengguna pasif atau belum menggunakan e-commerce Tokopedia pada tahun 2020. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik purposive random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form dan teknik pengolahan data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada e-commerce Tokopedia. Online advertising berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada e-commerce Tokopedia. Word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada e-commerce Tokopedia. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi Tokopedia dalam upaya untuk dapat meningkatkan minat beli konsumen.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

amar

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

AMAR (Andalas Management Review), with registered number ISSN 2548-155X (Online) and ISSN 2476-9282 (Print), is a peer-reviewed journal published twice a year (May and November) by The Management Institute, Faculty of Economics, Universitas Andalas. AMAR is intended to be the journal for publishing ...