Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis, dan efektif dengan bantuan media pembelajaranLectora Inspiredan aplikasiWingeompada materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan lima tahapan (ADDIE) yaitu: tahapanalisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi(Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Berdasarkan hasil dari validasi ahli, perangkat dan media yang digunakan dalam pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan prosentase sebesar 98%, serta kepraktisan dalam pembelajaran dilihat dari aktivitas dosen dan mahasiswa dimana pada pertemuan pertama sampai akhir terus meningkat sehingga perangkat dan media yang digunakan dapat dikatakan praktis. Dari penilaian evektif dapat dilihat pada hasil nilaipreetestdanposttestmahasiswa dengan nilai signifikan 10,81. Dari hasil analisis dapat dikatakan penggunaan medialectoradanwingeomdalam pembelajaran pada materi geometri bidang 3 dimensi ini praktis, valid dan evektif. Penggunaan medialectoradapat membuat pembelajaran menjadi lebih menarik, serta penggunaan aplikasiwingeommempermudah mahasiswa dalam mengabstraksi bangun 3 dimensi pada materi geometri dan mejadikannyagambar geometri yang abstrakmenjadi lebih nyata..
Copyrights © 2020