ICIT (Innovative Creative and Information Technology) Journal
Vol 1 No 1 (2015): ICIT JOURNAL

ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM PENANGANAN KOMPLAIN PELANGGAN PADA INDUSTRI COATING

Langgeng Listiyoko (Unknown)
Listina Nadhia N (Unknown)
Indri Handayani (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Feb 2015

Abstract

Banyak perusahaan saat ini memikirkan cara untuk memelihara hubungan baik mereka dengan para pelanggannya. Bukan hanya masalah loyalitas, meraih lebih banyak pelanggan juga menjadi tantangan besar. Calon pelanggan mencari perusahaan dengan reputasi yang bagus dengan cara melihat keberadaan customer care atau layanan pelanggan. Apabila terjadi masalah / komplain maka tim inilah yang selanjutnya bertanggung jawab. Bagaimana tim ini bekerja menyelesaikan masalah akan menjadi pertimbangan khusus untuk pelanggan apakah akan melakukan transaksi selanjutnya atau tidak. Teknologi informasi berperan dalam membangun sistem ini yaitu dengan implementasi Artificial Intelligence. Salah satu metode dari konsep data mining yang sesuai adalahpohon keputusan CART (Classification And Regression Trees). Diperlukan data latihan yang diperoleh dari setiap cabang untuk selanjutnya digunakan perekayasa pengetahuan untuk membangun knowledge base. Kata kunci : customer complaint handler, artificial intelligence, CART, datawarehouse,knowledge base, knowledge engineer

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

icit

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Electrical & Electronics Engineering

Description

ICIT (Innovative Creative and Information Technology) Journal adalah wadah publikasi ilmiah dalam bidang riset Business Intelligence (BI), bidang riset Information Engineering dan bidang riset TIK secara umum bagi Dosen dan Mahasiswa Pascasarjana Magister Teknik Informatika (MTI) dan juga artikel ...