Dinamisasi dunia industri saat ini memaksa para pelaku yang terlibat di dalamnya bekerja dengan cepat untuk mencapai target yang telah direncanakan. Hal itu membutuhkan informasiyang cepat, tepat dan akurat untuk menunjang aktivitasnya. Karyawan atau tenaga kerja merupakan aset penting bagi perusahaan karenanya perlu mendapat jaminan kesehatan yang baik. BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang bertanggung jawab untuk memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja Indonesia. Karena banyak perusahaan yang belum mendaftarkan tenaga kerja sebagai peserta BPJS ketenagakerjaan, maka diperlukan kerja keras untuk mensosialisasikan program sehingga calon peserta bisa mengetahui manfaat yang akan di dapatkan. Banyaknya perusahaan-perusahaan yang harus dikunjungi, timbul beberapa permasalahan di dalam penjadwalan sosialisasi bagi staf pemasaran, seperti sering terjadinya tumpang tindih jam, hari dan tanggal yang bisa menimbulkan terbuangnya waktu yang disediakan oleh pihak perusahaan yang menunggu sosialisasi dari BPJS Ketenagakerjaan. Paper ini membahas dan membangun sistem informasi penjadwalan kerja sosialisasi yang dapat memudahkan pengaturan jadwal divisi pemasaran. Metode yang digunakan adalah analisa dan perancangan berorientasi objek dengan menggunakan alat bantu unified modelling langguage (UML) dengan pendekatan waterfall. Analisa menggunakan SWOT dan PIECES dan aplikasinya dibangun dengan Adobe Dreamweaver CS5, PHP, dan MySQL. Hasil akhir penelitian adalah sebuah sistem aplikasi yang dapat membantu staf pemasaran dalam mengatur jadwal kerja sosialisasi dalam meningkatkan kinerja divisi pemasaran BPJS Ketenagakerjaan.
Copyrights © 2017