Peneitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan antara manusia dan kurikulum serta bagaimana bentuk kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan manusia itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan library research. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa dalam penyusunan sebuah kurikulum haruslah mengacu kepada apa yang dibutuhkan oleh manusia. Untuk menjawab apa yang dibutuhkan oleh manusia maka haruslah digali siapa manusia itu sebenarnya melalui term-term yang digunakan dalam Al-Quran. Banyak istilah yang digunakan Al-Quran untuk menunjukkan manusia seperti al-Ins, al-Insan, al-Basyar, Bani Adam. Term-term ini memberikan pengaruh dan dampak dalam penyusunan kurikulum. Karena jika tidak bertolak dari term ini dalam penyusunan kurikulum, kurikulum itu sendiri akan kurang bermanfaat bagi peserta didik. Penyusunan kurikulum yang berdasarkan terminolog manusia menurut Al-Quran akan dapat meminimalisir kesalahan dalam penyusunan kurikulum itu sendiri. Dengan menggunakan pendekatan terminology yang berasal dari Al-Quran, maka kurikulum tersebut akan sejalan dengan fitrah yang ada pada diri manusia itu sendiri. Sehingga kurikulum pendidikan tersebut dapat mengakomodir nilai-nilai insaniyah yang ada pada manusia.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020