Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan
Vol 4, No 2 (2020): Vol 4, No 2 (2020) : Volume 4, Nomor 2 Tahun 2020

Pengaruh Online Shop Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa BK UKSW

Dewi, Maria Puspa (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2020

Abstract

 ABSTRAKBelanja online saat ini sedang digandrungi oleh masyarakat dari semua kalangan. Generasi muda saat ini cenderung lebih banyak menghabiskan waktu mereka untuk menjelajahi dunia maya dimana mereka suka mencoba hal baru termasuk belanja online. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan para online shop membuat mahasiswa tertarik dan senang berbelanja online sehingga menimbulkan perilaku konsumtif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi  pengaruh media online shop pada instagram terhadap perilaku konsumtif. Subjek penelitian ini yaitu mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling UKSW. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis inferensial. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 127 mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dikembangkan bersadarkam teori dari normasari dan Sumartono. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Regresi Linier Sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa T hitung sebesar = 5,913 dengan tingkat signifikansi 0,05 dan dk (derajat kebebasan) n-2 yaitu 127 – 2 = 125 dengan menggunakan uji dua pihak sehingga nilai T tabel = 1,653, karena nilai T hitung lebih besar dari T tabel (5,913>1,980) maka dinyatakan terdapat pengaruh yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media online shop pada instagram sangat berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa BK UKSW.Kata Kunci: Online Shop Instagram, Perilaku Konsumtif

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bkt

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan ISSN: 2549-4511 (print), ISSN: 2549-9092 (online) has been published by Pattimura University, focused on: Guidance and counseling, Education and ...