Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol 8 No 3 (2020)

Analisis Proses Pembelajaran Jarak Jauh Siswa Tunanetra di MTs Yaketunis pada Materi Geometri

Rahmawati, Fadhilah (Unknown)
Abdulloh, Maryam (Unknown)
Nafisah, Saniatun (Unknown)
Budiyani, Rista Nur Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2020

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran jarak jauh siswa tunanetra di MTs Yaketunis Yogyakarta pada materi geometri. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian terdiri dari dari 24 siswa MTs Yakenutis. Dengan tahapan validitas untuk memperoleh keabsahan data yaitu dengan melakukan triangulasi waktu. Triangulasi waktu dilakukan dengan cara melakukan pengecekan dengan wawancara, observasi dalam kurun waktu tertentu. Penelitian ini dilakukan delapan kali pertemuan untuk pengambilan keabsahan data. Hasil penelitian diperoleh proses pembelajaran menggunakan android dengan bantuan aplikasi TalkBack. Ketika mempelajari materi geometri yang mengandung simbol-simbol, maka guru akan mengirimkan dalam bentuk voice note (VN). Sedangkan untuk gambar geometri, selama pembelajaran jarak jauh (PJJ) ini siswa belum bisa memanfaatkan gambar taktual yang dapat memudahkan mereka dalam memahami materi geometri karena keterbatasan media taktual di MTs Yaketunis Yogyakarta. ABSTRACTThis study aims to describe the distance learning process of visually impaired students in MTs Yaketunis Yogyakarta about geometry material. This type of research uses qualitative research with a case study approach. The subject consists of 24 students of MTs Yaketunis. The validity stage for obtaining data validity is by triangulating time. Time triangulation is done by examining interviews, observations within a certain period of time. This study was conducted eight times for data validity retrieval. The result is obtained learning process using android with the help of talkback application. When studying geometric material containing symbols, the teacher will send a voice note (VN). As for geometric images, during distance learning students have not been able to use tactile images that can facilitate them in understanding geometry materials due to the limitations of tactile media in MTs Yaketunis Yogyakarta.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

union

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika is a peer-reviewed open access journal published three times in a year (March, July, and November). Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika provides a forum for lecturers, academicians, researchers, practitioners, and students to deliver and share ...