Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman
Vol 15 No 1: Januari 2020

Penerapan Permainan Media Balok dalam Mengenalkan Angka pada Anak Kelompok B2 di Raodhatul Athfal (RA) Al-Muhajirin Kota Palu

Nur wahida Gani (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia)
Surni kadir (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia)
Rahmawati Rahmawati (Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Palu, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini mengaji tentang Penerapan Permainan Media Balok dalam mengenalkan angka pada anak kelompok B2 di Raodathul Atfhal (RA) Al-Muhajirin Kota Palu. Pengungkapan data yang akurat dalam penerapan permainan media balok untuk mengenalkan angka pada anak kelompok B2 di Raodathul Atfhal (RA) Al-Muhajirin Kota Palu, penulis menggunakan metode kualitatif dengan pengambilan data melalui data primer dan data sekunder. Adapun Prosedur pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi serta data yang diperoleh melalui buku-buku referensi. Hasil penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut: 1) Penerapan  permainan media balok angka untuk mengenalkan angka pada anak kelompok B2 di Raodathul Atfhal (RA) Al-Muhajirin dapat memperkenalkan bermacam bentuk balok pada anak, Memotivasi anak untuk membuat sesuatu dari balok angka, Mengembangkan kreaktifitas anak sesuai daya imajinasinya, Mengembangkan kemampuan kognitif anak dalam berpikir, khususnya berhitung permulaan yaitu mengenal konsep bilangan dengan mudah; 2) Terdapat peningkatan kemampuan berhitung setelah penerapan permainan balok angka pada anak kelompok B2 di Raodathul Atfhal (RA) Al-Muhajirin. Peningkatan kemampuan berhitung terjadi karena penerapan permainan balok angka pada anak meningkatkan pola berpikir logis dan sistimatis anak, melatih keberanian dalam menjawab setiap pertanyaan yang ajukan dan juga ketika permainan ini diterapkan anak lebih berkonsentrasi dan anak sangat cepat merespon dan menjawab angka yang ada tertera di media balok angka. 

Copyrights © 2020