ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
Vol. 2 No. 3: September 2019

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI MEDIA MAZE (MENCARI JEJAK)

Rugaiyyah Anggraini Putri (Guru Paud Lestari Lambunu)



Article Info

Publish Date
12 May 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media maze (mencari jejak) di TK Ummahat Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Palu. Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah 8 anak yang berusia 5-6 tahun terdiri dari 4 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini adalah teknik observasi, pemberian tugas, dokumentasi dan diskusi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila kemampuan kognitif (BSH s.d BSB) anak didik di kelompok B TK Ummahat Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Palu mencapai 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kognitif anak dapat ditingkatkan melalui media maze (mencari jejak) di kelompok B TK Ummahat Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Palu. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh pada hasil  rata-rata kemampuan kognitif anak pada pra tindakan yaitu kategori belum berkembang (BB) 56,25%, kategori mulai berkembang (MB) 43,75%. Pada siklus I hasil rata-rata kemampuan kognitif anak yaitu kategori belum berkembang (BB) 10,42%, kategori mulai berkembang (MB) 43,75%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Sedangkan pada siklus II hasil rata-rata kemampuan  kognitif anak yaitu kategori mulai berkembang (MB) 8,33%, kategori berkembang sesuai harapan (BSH) 62,5% dan kategori berkembang sangat baik (BSB) 29,17%. Maka dapat disimpulkan bahwa media maze (mencari jejak) dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Ummahat Darud Da’wah Wal Irsyad (DDI) Palu.Kata Kunci : Kemampuan Kognitif Anak, Media Maze (Mencari Jejak)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

ECEIJ

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIO adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi PG-PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu.Jurnal ini menerima tulisan ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan focus dan ...