Permasalahan penelitian ini adalahapakah dengan menggunakan media gambar berseri kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfhal III Palu dapat ditingkatkan. Subyek penelitian adalah anak kelompok B dengan jumlah anak 15 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan masing-masing yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas kelompok B yang bertindak sebagai observer/ pengamat. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa dari pra tindakan anak pada kategori berkembang sangat baik mencapai rata-rata 13% pada siklus I terjadi peningkatan mencapai rata-rata 67% pada kategori berkembang sangat baik, sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 87% pada kategori berkembang sangat baik dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfhal III Palu.Kata kunci : Kemampuan Berbicara, Media Gambar Berseri
Copyrights © 2018