ECEIJ (Early Childhood Education Indonesian Journal)
Vol. 1 No. 3: September 2018

MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK MELALUI MEDIA GAMBAR BERSERI PADA ANAK TK

Muffida Muffida (Guru Paud Lestari Lambunu)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2018

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalahapakah dengan menggunakan media gambar berseri kemampuan berbicara pada anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfhal III Palu  dapat ditingkatkan. Subyek penelitian adalah anak kelompok B dengan jumlah anak 15 anak, yang terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan tahapan masing-masing yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru kelas kelompok B yang bertindak sebagai observer/ pengamat. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa dari pra tindakan anak pada kategori berkembang sangat baik mencapai rata-rata 13% pada siklus I terjadi peningkatan mencapai rata-rata 67% pada kategori berkembang sangat baik, sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 87% pada kategori berkembang sangat baik dapat disimpulkan bahwa melalui media gambar berseri dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Atfhal III Palu.Kata kunci : Kemampuan Berbicara, Media Gambar Berseri

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

ECEIJ

Publisher

Subject

Education

Description

Early Childhood Education Indonesian Journal (ECEIO adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi PG-PAUD Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palu.Jurnal ini menerima tulisan ilmiah berupa laporan penelitian (Original article research paper) dengan focus dan ...