Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dengan mengumpulkan sejumlah data dari hasil-hasil penelitian yang memenuhi syarat dari database Google Scholar, SINTA, dan Portal Garuda. Dalam penelusuran ini ditemukan sebanyak 39 data yang memenuhi syarat pada kisaran tahun 2012-2020. Data yang memenuhi syarat memuat nilai ketuntasan klasikal (K), jumlah siswa yang tuntas (l), dan jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian (N). Hasil analisis data menggunakan software JASP menunjukkan bahwa metode TGT signifikan meningkatkan hasil belajar siswa yakni sebesar 82% dengan kategori sangat kuat. Selanjutnya, hasil analisis variabel moderator menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT sangat kuat pengaruhnya dalam peningkatan hasil belajar pada jenjang SMA yakni mencapai 91% dengan estimasi dampak sebesar 0,905 yang termasuk kategori sangat kuat. Kemudian pada klasifikasi mata pelajaran metode TGT sangat kuat peningkatannya pada mata pelajaran IPS yakni mencapai 88% dengan estimasi dampak sebesar 0,877 yang termasuk kategori sangat kuat.Abstract: This study aims to determine the effectiveness of Teams Games Tournament (TGT) learning methods in improving student learning outcomes. This study uses a meta-analysis method by collecting a number of data from eligible research results from the Google Scholar, SINTA, and Garuda Portal databases. In this search found as many as 39 eligible data in the range of 2012-2020. The eligible data contains classical completion grades (K), number of completed students (l), and number of students who are subject to research (N). The results of data analysis using JASP software showed that TGT method significantly improved students' learning outcomes by 82% with a very strong category. Furthermore, the results of moderator variable analysis showed that TGT learning model is very strong influence in improving learning outcomes at the high school level, reaching 91% with an estimated impact of 0.905 which belongs to a very strong category. Then in the classification of subjects TGT method is very strong increase in ips subjects that reaches 88% with an estimated impact of 0.877 which belongs to a very strong category.
Copyrights © 2021