Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10, No 1 (2021)

ALIH KODE DAN CAMPUR KODE PADA PERCAKAPAN MAHASISWA THAILAND DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH TANGERANG

Hamdah Siti Hamsanah Fitriani (Universitas Muhammadiyah Tangerang)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui penggunaan alih kode dan campur kode dalam percakapan mahasiswa Thailand di Universitas Muhammadiyah Tangerang antar sesama mahasiswa Tahiland dan bukan mahasiswa Thailand. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konten analisis isi (content analisys). Objek penelitian yaitu mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tangerang yang berasal dari Thailand. Data penelitian yaitu ujaran Universitas Muhammadiyah Tangerang yang berasal dari Thailand. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode simak,  teknik dokumentasi/rekaman, teknik catat. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yaitu, 1) data yang diperoleh yaitu terdapat 8 data alih kode dan 15 data campur kode. 2) pada percakapan sesama mahasiswa Thailand tidak ada terjadinya peristiwa campur kode, hanya peristiwa alih kode yang ditemukan dalam percakapan mereka, 3) pada percakapan mahasiswa Thailand dengan mahasiswa Indonesia yang juga berkuliah di Universitas Muhammadiyah Tangerang, pada percakapan ini hanya peristiwa campur kode yang ditemukan yang terjadi sebagian besar percampuran kode ke dalam unsur kata dan frasa, 4) Peralihan dan percampuran kode dalam percakapan mahasiswa Thailand sangat dipengaruhi oleh dengan siapa lawan bicara mereka. Kata kunci : alih kode, campur kode, Mahasiswa Thailand

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

lgrm

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan karya ilmiah dosen, mahasiswa, praktisi nasional maupun internasional yang berkontribusi dalam pembaharuan ide, konsep dan teori berkaitan dengan pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Hasil penelitian dapat berupa: 1. Hasil penelitian pendidikan bahasa dan ...