Jurnal e-Komunikasi
Vol 9, No 1 (2021): VOL 9, NO 1 FEBRUARY 2021

Motif Dan Kepuasan Subscribers Dalam Menonton YouTube Channel Korea Reomit

Caroline Monica Sutanto (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Agusly Irawan Aritonang (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)
Chory Angela Wijayanti (Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui motif dan kepuasan subscriber dalam menonton YouTube channel Korea Reomit, dimana channel Korea Reomit merupakan satu-satunya channel yang dimiliki orang dengan kewarganegaraan Korea Selatan yang fasih dalam berbahasa Indonesia bahkan bahasa Jawa dan dengan logat medok yang masih kental. Penliti menggunakan teori Uses and Gratification dengan enam indikator milik Zhang Yue, yaitu Hiburan dan Relaksasi, Interaksi Sosial, Suplemen, Pertemanan, Menghabiskan Waktu, dan Mencari Informasi. Metode dalam penelitian ini adalah online survei, dengan pendekatan kuantitatif yang menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji t-berepasangan, uji deskriptif, serta crosstab untuk menghubungkan identitas responden dengan indikator motif dan kepuasan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif dan kepuasan tertinggi adalah Interaksi Sosial. Melalui kesenjangan nilai mean GS dan GO secara keseluruhan diketahui bahwa YouTube channel Korea Reomit dapat memuaskan khalayak atau subscribers yang menonton.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ilmu-komunikasi

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal e-Komunikasi adalah jurnal versi online yang ditulis oleh mahasiswa dalam rangka mempublikasikan karya skripsinya. Ruang lingkup topik kajian adalah komunikasi massa, komunikasi korporat, human communication, dan komunikasi new ...