Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan implementasi pendidikan humanis pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Tulung, Klaten. Kedua, untuk mendiskripsikan faktor penghambat dan pendukung pendidikan humanis pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Tulung, Klaten. Jenispenelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dianlisis menggunakan metode triangulasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan humanis pada pembelajaran pendidikan agama Islam berupa diskusi, pendampingan dan pembinaan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah kreatifitas peserta didik dan kemajuan peserta didik untuk berfikirmengikuti perkembangan zaman, perhatian serta dukungan dari komite sekolah dan dalam setiap kelas jumlah peserta didiknya tidak banyak maka guru lebih mudah mengajar dan mempehatikan peserta didik. Adapun faktor penghambatnya yaitu kurangnya jumlah guru pendidikan agama Islam, kurangnya pemahaman mengenai pendidikan humanis dan kurangnya sarana prasarana penunjang pembelajaran.The objectives to be achieved in this study are first, describe the application of humanist education in the learning of Islamic Education in SMP N 1 Tulung, Klaten. Second, describe the inhibiting and supporting factors of humanist education in learning Islamic Education in SMP N 1 Tulung, Klaten. This type of research is a qualitative descriptive study. Data collection techniques in this study are observation, interview, and documentation techniques. Furthermore, the data collected was analyzed using the triangulation method. The results showed that the application of humanist education in Islamic religious education learning in the form of discussion, assistance, and coaching. While the supporting factors are student creativity and student progress to think in keeping with the times, the attention and support of the school committee, and in each class the number of students is not much, the teacher is easier to teach and notice students. The inhibiting factors are the lack of Islamic religious education teachers, lack of understanding of humanist education, and lack of learning support infrastructure.
Copyrights © 2020