LIABILITIES (JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI)


PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK PAB 2 HELVETIA

Ramayani Ramayani (Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)
Dian Novianti Sitompul (Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi pembelajaran setiap orang guru disini terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI AK SMK PAB 2 Helvetia tahun pelajaran 2019/2020. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-Ak yang berjumlah 35 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes. Angket terdiri dari 20 soal dan tes terdiri dari 20 soal, 10 soal pre-tes dan 10 soal post-tes, tes yang digunakan dalam bentuk uraian. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) PAB 2 Helevetia yang beralamat di Jalan Veteran Pasar IV Helvetia, Labuhan Deli, Tj.Gusta, Deli Serdang, Sumatera Utara, 20116. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI AK akuntansi SMK PAB 2 Helvetia. Berdasarkan persamaan regresi linier sederhana, Y = 64,177 + 0,265 X. Dari persamaan regresi linier sederhana diperoleh nilai a (bilangan tunai) dari Unstandardized Coefficient adalah 64,177. Artinya apabila tidak ada strategi semua orang menjadi guru disini (X) maka nilai hasil belajar (Y) adalah 64,177. Sedangkan b (jumlah koefisien regresi) bernilai 0,265, hal ini menunjukkan bahwa setiap penambahan 1% level strategi pembelajaran setiap orang menjadi guru disini (X) maka hasil belajar (Y) akan meningkat sebesar 0,265. Karena nilai koefisien regresi bertanda positif maka dapat dikatakan bahwa strategi semua orang mengajar disini (X) berpengaruh positif terhadap hasil belajar (Y). Dari hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan 5% atau 0,05 diperoleh thitung> ttabel yaitu 3,851> 1,692 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran setiap orang sebagai guru di sini terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI SMK PAB 2 Helvetia tahun pelajaran 2019/2020.

Copyrights © 0000






Journal Info

Abbrev

LIAB

Publisher

Subject

Education

Description

Liabilities Jurnal Pendidikan Akuntansi adalah jurnal yang mempublikasikan hasil-hasil penelitian atau kajian teoritis yang memberikan informasi, ide-ide dan pendapat, selain analisis kritis kemajuan dalam penelitian pendidikan akuntansi. jurnal ini bertujuan untuk memperluas dan menciptakan inovasi ...