SOLID
Vol 10, No 2 (2020)

ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP IKLAN RINSO DI TELEVISI (STUDI DI DESA TEBABAN KECAMATAN SURALAGA LOMBOK TIMUR)

Rian Indranopa (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2020

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Sikap Konsumen Terhadap Iklan Rinso di Televisi (Studi di Desa Tebaban Kecamatan Suralaga Lombok Timur)”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sikap konsumen terhadap iklan Rinso di televisi.Jenis penelitian yang akan dilakukan bersifat deskriptif, dan penentuan responden menggunakan purposive sampling terhadap 100 orang responden. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan angket serta alat pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner.  Untuk menganalisis sikap konsumen terhadap iklan Rinso digunakan Fishbein Attitude Model.Dari hasil analisa persentase sikap konsumen terhadap iklan Rinso dapat diketahui bahwa masing – masing responden memiliki sikap  yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya. Berdasarkan 5 kategori sikap yang ada menunjukkan bahwa responden yang memiliki sikap sangat tidak menerima adalah 0 persen, persentase responden yang memiliki sikap kurang menerima sebesar 1 persen, persentase responden yang memiliki sikap netral sebesar 48 persen, persentase responden yang memiliki sikap menerima sebesar sebesar 51 persen dan persentase responden yang memilik sikap sangat menerima sebesar 0 persen.Namun jika dilihat dari hasil Analisis Fishbein secara keseluruhan didapatkan jumlah skor rata-rata sebesar 0,32 dan apabila diperhitungkan dalam kelas interval skor sikap, maka berada dalam kelas antara 0,28 - 0,38. Hal ini menunjukkan bahwa kategori sikap konsumen terhadap iklan Rinso di televisi studi pada Desa Tebaban Kecamatan Suralaga Lombok Timur adalah kurang menerima. Kata Kunci : Sikap Konsumen

Copyrights © 2020