Tujuan dari penelitian adalah untuk menggambar nilai-nilai religious dan multikultural dalam buku teks pendidikan agama Islam di sekolah dasar (SD), dan menjelaskan nilai-nilai multukultural dalam teks buku pendidikan agama islam di sekolah dasar dalam bentuk kegiatan –kegiatan yang bentukya mengekspersikan kebudayaan dan kegamaan. Metode pada penelitian ni adalah dengan menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Peneliti melibatkan sumber datanya yakni buku teks PAI & budi pekerti pada kurikulum 2013, yang diterbitkan oleh Yudistira. Teknik validasi data dalam penelitian ini  dilakukan  dengan  pemeriksaan data yang mencakup kreadibilitas, keabsahan data mengambil keseimpulan  Hasil dari penelitian ini adalah bahwa buku teks pendidikan agama islam  yang dianalisis  sepenuhnya memuat nilai-nilai religious dan multikultural  dalam bentk ekpresi  aspek kebudayaan. Dengan dibuktikan dengan munculnya suatu ide dalam bukuyang memuat , wujud kebudayaan sebagai dari kegiatan /aktivitas, ini wujud dari sebuah nilai kebudayaan dan yang kedua buku teks PAI  di di dalamnya memuat nilai-nilai religious dan multikultural dalam bentuk unsur budaya, yakni terlihat dari sistem pengetahuan, bahasa, teknologi, dan kesenian. Dari hasil analisi buku PAI ini terdapat nilai-nilai multikultural dan religious yaitu nilai kejujuran, nilai tanggung jawab, toleransi, nilai ketuhanan, nilai disiplin, dan nilai kepedulian terhadap orang lain.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021