AbstrakTujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pembelajaran daring yang dilaksanakan sekarang ini sudah memperhatikan pemenuhan hierarki kebutuhan Maslow dengan baik atau belum. Metode yang dipilih pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dan pendekatan yang dipilih yaitu studi kepustakaan atau library research. Data yang didapatkan dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumuplan data dengan dokumentasi yaitu mencari data dalam bentuk artikel dari jurnal sinta 2 sampai sinta 6 sebanyak 15 artikel tentang hierarki kebutuhan Maslow dalam pembelajaran daring. Instrumen pada penelitian ini yaitu peneliti sendiri yang menjadi kunci dalam penelitian. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis isi. Temuan dalam penelitian ini yaitu hierarki kebutuhan Maslow tersusun secara berjenjang dimulai dari tingkatan kebutuhan yang paling dasar sampai tingkatan tertinggi yaitu dimulai dari kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan cinta dan rasa memiliki, kebutuhan untuk dihargai, dan kebutuhan aktualisasi diri. Pemenuhan kebutuhan Maslow dalam pembelajaran daring sudah terpenuhi dengan cukup baik meliputi kebutuhan fisiologis, cinta dan rasa memiliki, untuk dihargai dan aktualisasi diri, sedangkan untuk kebutuhan akan rasa aman terpenuhi cukup baik karena masih ada yaitu kesibukaan orang tua dalam bekerja yang tidak ada waktu. Jadi agar pembelajaran daring bisa terlaksana dengan efektif maka guru dan orang tua harus memperhatikan hierarki kebutuhan Maslow.AbstractThe purpose of this study was to determine whether the existing online learning fulfilled Maslow's hierarchy of needs adequately or not. The method used in this study was a qualitative method with an approach of library research. The data obtained through the documentation by looking for data from 15 articles of the Sinta 2 to Sinta 6 journals about Maslow's hierarchy of needs in online learning. The instrument in this study was the researchers themselves as the keys in this research. The analysis technique used was content analysis. The findings in this study were that Maslow's hierarchy of needs was arranged in stages, starting from the most basic level of needs to the highest level, starting from physiological, security, love and belonging, respecting, and self-actualization needs. The fulfillment of Maslow's needs in online learning had been fulfilled quite well, including physiological needs, love and a sense of belonging, to be respected and self-actualized. In contrast, the security need was fulfilled quite well because parents work tirelessly. Therefore, online learning could be carried out effectively if teachers and parents paid attention to Maslow's hierarchy of needs.
Copyrights © 2021