Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
Vol 4, No 1 (2020): April

PENERAPAN SUPERVISI KLINIS UNTUK MENINGKATKAN KOMITMEN KERJA GURU

Kusumawati, Gusti Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan komitmen kerja guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019 setelah mengikuti kegiatan supervisi klinis. Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah. Subjek penelitian adalah guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar  yang berjumlah 58 orang guru. Data komitmen kerja guru pada penelitian ini dikumpulkan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: apabila rata-rata komitmen kerja guru minimal pada kategori Tinggi, dan ketuntasan klasikal sebesar 90%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa penerapan supervisi klinis secara efektif dapat meningkatkan komitmen kerja guru SD di Gugus 3 Kecamatan Blahbatuh Kabupaten Gianyar Semester II Tahun Pelajaran 2018/2019. Pada pra siklus rerata komitmen kerja guru adalah 128,74 berada pada kategori sedang dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 67,24%. Pada siklus I rerata komitmen kerja guru adalah 145,98 berada pada kategori tinggi dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 87,93%. Sedangkan pada siklus II meningkat dengan rerata sebesar 180,45 berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase ketuntasan klasikalnya adalah 100%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JJL

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and ...