Motivasi belajar peserta didik yang secara keseluruhan masih tergolong rendah. Hal ini dicirikan dengan kurangnya semangat peserta didik dalam pembelajaran biologi, kurang fokus sehingga perhatian terhadap pembelajaran mudah teralihkan, dan tidak sedikit peserta didik yang menunjukkan sikap malas berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media booklet bernuansa spiritual pada materi virus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari tiga orang validator. Data dianalisis menggunakan teknik statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil pengujian validitas secara keseluruhan mencapai nilai dengan persentase sebesar 93,86. Nilai tersebut merupakan hasil perhitungan uji validitas yang ditinjau dari empat aspek dengan rekapitulasi perolehan nilai sebesar 94,44% pada aspek kelayakan isi/materi, 94,44% pada aspek kebahasaan, 95,83% pada aspek penyajian, dan 90,74% pada aspek kegrafikan. Hal ini mengindikasikan bahwa booklet bernuansa spiritual pada materi virus untuk peserta didik kelas X SMA/MA dinyatakan sangat valid karena telah memenuhi setiap indikator penilaian pada keempat aspek yang ditinjau. Penelitian ini dapat memberikan implikasi berupa manfaat bagi siswa dan guru dalam meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar.
Copyrights © 2021