Media pembelajaran merupakan salah satu komponen penting dalam proses pelaksanaan pembelajaran kusunya di masa pandemi saat ini. Namun pada kenyataannya masih sedikit guru yang menggunakan media dalam proses pembelajaran sehingga menyebabkan hasil belajar siswa semakin menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rancang bangun dan mengetahui kelayakan dari pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif pada mata pelajaran IPA. Model penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu model DDD-E (Decide, Design, Develop, dan Evaluate. Metode pengumpulan data yaitu menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner atau angket. Pada uji rancang produk dilakukan oleh beberapa ahli serta siswa yang meliputi: (1) ahli isi mata pelajaran, (2) ahli desain pembelajaran, (3) ahli media pembelajaran, dan (4) uji coba perorangan yang dilakukan terhadap tiga orang siswa dengan kategori memiliki pengetahuan tinggi, sedang, dan rendah. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dari data hasil penelitian menunjukkan tingkat persentase kelayakan dari media pembelajaran powerpoint interaktif menurut ahli isi mata pelajaran yaitu sebesar 100%, tingkat kelayakan persentase dari ahli desain pembelajaran yaitu sebesar 95,00%, tingkat kelayakan persentase dari ahli media pembelajaran yaitu sebesar 89,2% dan menurut hasil uji coba perorangan tingkat persentase yang diperoleh yaitu 91,66% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran powerpoint interaktif layak untuk dipergunakan pada kegiatan pembelajaran dengan muatan pelajaran IPA bagi siswa kelas VI SD.
Copyrights © 2021