Jurnal Jendela Bunda Program Studi PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Cirebon
Vol 9 No 1 (2021): Maret 2021 - Agustus 2021

METODE BLENDED LEARNING UNTUK PEMAHAN KONSEP PECAHAN PADA ANAK

Syifa Nafisah (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2021

Abstract

Blended learning merupakan tren pendidikan yang sedang marak dibicarakan saat ini. Pembelajaran yang merupakan kombinasi antara pengajaran secara langsung dengan guru dan pembelajaran mandiri secara online adalah pengertian dari blended learning. Dimana pada masa pandemi Covid – 19 ini cocok untuk diterapkan. Tujuan dari adanya penelitian ini ialah untuk meningkatkan dan memperdalam pemahaman siswa terhadap konsep pecahan pada pembelajaran matematika kelas 4. Kelompok populasi terdiri atas 20 siswa kelas 4 dari SDN Depok 5. Sampel dibagi atas dua grup yaitu grup eksperimen dan grup control. Grup eksperimen memakai metode blended learning sedangkan grup control memakai metode konvensional. Teknik pengumpulan data memakai pre – test dan post – test, kemudian data dianalisis menggunakan Teknik data kuantitatif. Temuan ini mengungkapkan bahwa penggunaan metode blended learning memiliki dampak yang menguntungkan pada siswa. Siswa yang diberikan pembelajaran blended learning dapat belajar dan memahami konsep dengan lebih baik dibandingkan siswa yang diberikan pembelajaran secara konvensional.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JJB

Publisher

Subject

Humanities Education Other

Description

Naskah berupa diseminasi hasil penelitian yang dihasilkan oleh ahli, ilmuwan, praktisi, dan mahasiswa dan kajian pustaka dalam bidang Pendidikan Anak Usia Dini dengan lingkup: 1. Pendidikan dan Pembelajaran PAUD: 2. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini, 3. Media Pembelajaran PAUD 4. Strategi ...