Pembelajaran online merupakan pembelajaran yang dilakukan secara jarak jauh dengan memanfaatkan perkembangan teknologi dan memerlukan koneksi internet dalam pelaksanaannya. Pembelajaran anak usia dini yang dilakukan secara online harus memastikan bahwa pembelajaran tersebut berjalan dengan efektif dan mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media WhatsApp terhadap efektivitas pembelajaran online di lembaga PAUD dengan sasaran penelitian ialah para pendidik yang berjumlah 45 orang. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain survey. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui pengisian kuisioner yang kemudian akan dioleh menggunakan teknik analisis data korelasi product moment yang menunjukkan nilai kekuatan hubungan yang sedang antara variabel x dan variabel y. Variabel x berpengaruh signifikan terhadap variabel y karena nilai signifikansi menunjukan 0,005 < 0,05 dengan nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa 16,81% efektifitas pembelajaran online dipengaruhi oleh pengguanaan media WhatsApp.
Copyrights © 2021