Banyaknya inovasi media pembelajaran anak normal, membuat peneliti ingin memberikan inovasi media pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini mengggunakan subjek anak tunarungu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan buku Pop Up sebagai media pembelajaran daring bagi anak tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang menjelaskan penggunaan buku Pop Up dalam pembelajaran daring. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa tunarungu kategori sedang. Data penelitian berupa transkrip video pembelajaran daring. Pengumpulan data penelitian antara lain observasi, wawancara dengan kepala sekolah dan guru kelas, perekaman menggunakan gawai dan aplikasi Whatsapp Video Call, mentranskrip data yang diperoleh, identifikasi data, pengkodean data, dan deskripsi data. Teknik analisis berupa analisis data, deskripsi data, dan simpulan. Pada pembelajaran daring didapatkan data objek mampu menerima informasi dengan mengulang bahasa isyarat dan bahasa lisan peneliti. Objek memahami makna pembelajaran daring dengan melaksanakan perintah peneliti. Objek mengingat informasi dari lima pertanyaan dua diantaranya menggunakan stimulus peneliti. Objek mampu mengevaluasi dengan menyamakan sudut pandangnya dengan peneliti. Objek menanggapi dengan mengucapkan umpan balik berupa bahasa lisan dan bahasa isyarat.
Copyrights © 2020