Berdasarkan hasil observasi dan wawancara antara peneliti dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIII A di MTs Nurul Iman Dempok dijumpai aktivitas belajar siswa yang belum optimal. Sehingga perlu adanya perubahan dalam metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar matematika melalui penerapan media pembelajaran elektronik Geometer’s Sketchpad. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A di MTs Nurul Iman Dempok dengan jumlah 19 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran pada siklus I sebesar 57,89% meningkat menjadi 81,57% pada siklus II. Disimpulkan bahwa media pembelajaran elektronik Geometer’s Sketchpad dapat meningkatkan aktivitas belajar matematika siswa kelas VIII A di MTs Nurul Iman Dempok
Copyrights © 2020