Prosiding Conference on Research and Community Services
Vol 2, No 1 (2020): Second Prosiding Conference on Research and Community Services

RENDAHNYA BELIEF SISWA TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DI MAN 10 JOMBANG

Istiqomah, Istiqomah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Sep 2020

Abstract

Kemampuan siswa dapat dilihat dari beberapa segi, seperti kemampuan kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Ketiga kemampuan tersebut tentu memiliki kontribusi yang berbeda pada kehidupan siswa. Ketiga kemampuan itu pula merupakan komponen penting yang dapat membawa siswa kemana minat siswa dimasa depan. Salah satu kemampuan afektif yang penting adalah Beliefs siswa terhadap matematika. Keyakinan siswa terhadap matematika merupakan keyakinan siswa terhadap matematika yang mempengaruhi respon siswa dalam menanggapi masalah matematika.  Dengan demikian, belief siswa berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Mengingat pentingnya Beliefs matematis siswa, perlu dilihat bagaimana Beliefs awal siswa terhadap matematika untuk selanjutnya dapat dilakukan pembelajaran yang dapat menunjang Beliefs matematis siswa yang baik. Proses belajar merupakan salah satu faktor yang dapat membangun Beliefs siswa. Belajar merupakan kegiatan bagi setiap orang. Pengetahuan keterampilan, kebiasaan, kegemaran dan sikap seseorang terbentuk, dimodifikasi dan berkembang disebabkan belajar. Proses belajar merupakan salah satu faktor yang dapat membangun Beliefs siswa. Belajar merupakan kegiatan bagi setiap orang. Pengetahuan keterampilan, kebiasaan, kegemaran dan sikap seseorang terbentuk, dimodifikasi dan berkembang disebabkan belajar. Berdasarkan pengamatan keadaan yang demikian juga terjadi di MAN 10 Jombang. Setelah siswa belajar matematika, diharapkan siswa mampu mendemontrasikan keterampilan matematika dari sebelumnya yang tidak dapat dilakukannya. Perubahan pengetahuan tersebut merupakan hasil dari belajar yang telah dilakukan oleh siswa. Sikap siswa terhadap matematika dapat dihasilkan dari Belief terhadap matematika. Sikap positif terhadap matematika dapat memotivasi siswa untuk belajar matematika, mengerjakan tugas dengan baik dan mempunyai prestasi yang baik dalam matematika. Jadi Belief siswa terhadap matematika sangat mempengaruhi keberhasilan dalam belajar matematika di kelas 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

CORCYS

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

CORCYS merupakan konferensi tahunan bersifat nasional yang diadakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) STKIP PGRI Jombang yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk prosiding. Fokus artikel hasil penelitian dan ...