Acta Diurna: Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 16 No 2 (2020)

Komodifikasi Ritual dalam Praktik Bridal Shower di Yogyakarta

Irene Santika Vidiadari (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)
Rebekka Rismayanti (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
11 Nov 2020

Abstract

Bridal shower merupakan sebuah ritual yang saat ini menjadi tren di Yogyakarta. Penyelenggaraan acara ini tidak terlepas dari paket acara yang disediakan oleh penyedia jasa Event Organizer (EO) atau Party Planner (PP). Dengan kata lain, paket acara ini menjadi komoditas dari para EO. Artikel ini membahas mengenai komodifikasi ritual dalam praktik bridal shower di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengumpulan datanya menggunakan wawancara mendalam kepada tiga penyedia jasa EO yang menyediakan jasa paket acara bridal shower. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komodifikasi ini dilakukan oleh para penyedia jasa EO dalam bentuk ragam harga yang mempengaruhi kelengkapan paket acara seperti dekorasi, makanan, videografer, fotografer dan pembawa acara. Dekorasi dan dokumentasi digunakan untuk mengakomodasi kebutuhan konsumen yang ingin eksis di media sosial, dan mengutamakan pengalaman bersenang-senang bersama teman-teman calon pengantin. Pada sisi harga paket, EO mengacu pada standar harga dari kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. Upaya diversifikasi tema bridal shower dan promosi melalui media sosial juga dilakukan oleh para EO untuk memperluas pasarnya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

acta_diurna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

JAD aims to encourage research in communication studies. Topics addressed within the journal include but are not limited to: Media dan culture studies; Political communication; Cross-cultural communication; Business communication; Organizational communication; Health ...