Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dalam pengelolaan kelas di Kelas VI C SDN 01 Poasia. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 (tiga) siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa VI C Sekolah Dasar Negeri 01 Poasia. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif melalui angket sedangkan data kuantitatif melalui tes hasil belajar Matematika siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan rerata hasil belajar yang diikuti oleh ketuntasan belajar. Siklus I dicapai rerata 65 dan siswa tuntas belajar 66,66%. Siklus II dicapai rerata 72,3 dan siswa tuntas belajar 76,92%. Siklus III dicapai rerata 79,61 dan siswa tuntas belajar 100%. Karena ketuntasan belajar telah mencapai 100% mendapat nilai 60 - > 60 maka target yang ditentukan telah dicapai. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas VI C Sekolah Dasar Negeri 01 Poasia.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif; STAD; Hasil Belajar
Copyrights © 2021