Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa tentang gaya dan gerak di kelas IVĀ SDN 2 Talaga Raya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dan yang menjadi subjek penelitian adalah siswa yang aktif dan terdaftar pada semester genap tahun ajaran 2019/2020 kelas IV SDN 2 Talaga Raya, dengan jumlah siswa 40 orang. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari dua kali pertemuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dari siklus I ke siklus II, dengan persentase ketuntasan 52,5% dengan rata-rata 57,86 pada siklus I menjadi 77,5% dengan rata-rata 71,78 pada siklus II. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Probing-Prompting dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang gaya dan gerak di kelas IV SDN 2 Talaga Raya.Kata kunci: Model Probing-Prompting; Pemahaman Konsep; Gaya dan Gerak
Copyrights © 2021