Abstrak : Permasalahan dalam Penelitian iniĀ adalah untuk melihat Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle Dalam Hasil Belajar IPS yang di peroleh Mahasiswa.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar mahasiswa Semester IV sebelum diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle pada mata kuliah IPS; 2) Penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata kuliah IPS; 3) Hasil belajar setelah diterapkannya model pembelajaran Learning Cycle mata kuliah IPS. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di PGMI FITK UIN Sumatera Utara. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa/i semester IV dengan jumlah mahasiswa 33 orang. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: 1) Sebelum menggunakan model pembelajaran Learning Cycle nilai rata- rata mahasiswa 58,48 dan hasil belajar mahasiswa yang tuntas hanya 9 mahasiswa (27,27%), sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 24 mahasiswa (72,73%), 2) Proses penerapan model pembelajaran Learning Cycle pada mata kuliah IPS di semester IV PGMI FITK UIN Sumatera Utara berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada siklus I, namun belum mencapai nilai ketuntasan klasikal, maka perlu dilanjutkan ke siklus II, 3) Setelah menggunakan model pembelajaran Learning Cycle hasil belajar mahasiswa dapat meningkat, hal ini terbukti pada siklus I hasil belajar mahasiswa memiliki nilai rata-rata 70,9 (57,57%) dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,3 (81,81%).Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Learning Cycle, Pembelajaran IPS
Copyrights © 2021