Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kerjasama dengan kinerja guru di MTs YAPDI Medan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dan sampel penelitian adalah seluruh guru dan staf yang ada di MTs YAPDI Medan. Instumen penelitian adalah angket yang disusun dengan Skala Likert. Analisis data dilakukan dengan uji r menggunakan rumus product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Skor untuk variabel iklim kerjasama diperoleh nilai rata-rata sebesar 83,90, median sebesar 85,00, mode sebesar 79, sd. Sebesar 6,804, variance 46,290, minimum 66, maksimum 94, dan skor total sesear 2601. Untuk variabel kinerja skor rata-rata sebesar 99,84, median 103,00, mode sebesar 112, sd sebesar 13,926, varian sebesar 193,940, range 47, minimum 70, maksimum 117, dan skor total sebesar 3095. 2) Hasil uji hipotesis membuktikan bahwa ada hubungan antara iklim kerjasama dengan kinerja guru di MTS YAPDI Medan sebesar 0,567 dengan signifikansi 0,000. Kata Kunci: keterampilan mengelola kelas, kinerja guru
Copyrights © 2021