Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 11, No 1 (2021): Edisi Januari-Juni 2021

Upaya Peningkatan Hasil Belajar PPKn melalui Penggunaan Media Pembelajaran Powerpoint pada Siswa Kelas VI C SD Negeri 064025 Medan

Hadi Widodo (Dosen STKIP Amal Bakti, Jalan Medan Marelan Desa Manunggal Deli Serdang Sumatera Utara, Indonesia.)
Nur Trikurniawati Cahyadi (Mahasiswa STKIP Amal bakti)
Dewi Purnama Sari (Dosen STKIP Amal Bakti Medan)



Article Info

Publish Date
02 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn menggunakan media pembelajaran powerpoint pada siswa kelas VI C UPT SD Negeri 064025 Medan.Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan desain mengadopsi dari Stephen Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI C sejumlah 29 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Data analisis secara deskriptif-naratif sebagai ukuran keberhasilan proses perbaikan pembelajaran. Dari hasil analisis data penggunaan media pembelajaran powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI C. Penggunaan media powerpoint dapat lebih merangsang anak untuk mengetahui lebih jauh informasi tentang bahan ajar yang tersaji, pesan informasi secara visual juga mudah di pahami peserta didik. Meningkatnya ku alitas d an hasil belajar dapat dibuktikan dengan peningkatan kualitas pada ranah kognitif dari tes yang disajikan sebelum tindakan sebesar 67,24 meningkat menjadi 68,97 pada siklus I, kemudian meningkat lagi menjadi 87,58 pada siklus II. Sedangkan pada ranah afektif dari siklus I sebesar 71,93 meningkat menjadi 76,14 pada siklus II. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran powerpoint terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas VI C SD Negeri 064025 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. Keywords: Hasil Belajar Ppkn, Media Pembelajaran Powerpoint

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...