Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol 9, No 2 (2019): Edisi Juli-Desember 2019

HUBUNGAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SI SMP NEGERI 16 MEDAN

Nurramidah Nasution (Guru Pendidikan Agama Islam SMP Negeri 16 Medan, SUmatera Utara, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan keterampilan guru dalam mengelola kelas dengan hasil belajar siswa di SMP Negeri 16 Medan. Metode yang digunakan adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian seluruh siswa kela VIII SMP Negeri 16 Medan berjumlah 31 orang. Sampel diambil dengan teknik total sampling. Teknik pengumpulan data adalah angket. Teknik analisis data adalah Correlation Product Momment. Hasil penelitian menunjukkan:  1) Skor variabel keterampilan guru mengelola kelas diperoleh nilai rata-rata 83,90, median 85,00, mode 79, sd. 6,804, variance 46,290, minimum 66, maksimum 94, dan skor total 2601. Untuk variabel Hasil belajar skor rata-rata 99,84, median 103,00, mode 112, sd 13,926, varian 193,940, range 47, minimum 70, maksimum 117, dan skor total 3095. 2) Ada hubungan antara Keterampilan mengelola kelas dengan Hasil belajar siswa di MTs YAPDI sebesar 0,567 dengan signifikansi 0,000. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada hubungan keterampilan guru dalam mengeola kelas dengan hasil belajar siswa.Keywords: keterampilan mengelola kelas, hasil belajar

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

al-irsyad

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Al-Irsyad: The Counseling and Education Journal is scientific journal in education and counseling guidance that managed by The Bimbingan Konseling Islam Majors of Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Faculty of UIN Sumatera Utara Medan. Al-Irsyad presents topics about development of counseling guidance ...