Syifa' MEDIKA: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan
Vol 12, No 1 (2021): Syifa' MEDIKA: Jurnal Kedokteran dan Kesehatan

PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG SARAPAN PAGI SEIMBANG BERPENGARUH TERHADAP PERUBAHAN STATUS GIZI REMAJA PUTRI

Sary, Yessy Nur Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2021

Abstract

Masa remaja merupakan masa kritis kehidupan dengan risiko kesehatan tinggi pada masalah gizi. Gizi seimbang untuk kebutuhan dalam sehari dapat diperoleh melalui sarapan pagi. Tujuan dari penelitian ini menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan tentang sarapan pagi seimbang terhadap perubahan status gizi remaja putri. Penelitian eksperimental, two group pre-test post-test design, dilakukan pada bulan Februari sampai Maret 2020. Populasi adalahremaja putri (14 tahun) sebanyak 60 orang. Menggunakan purposive sampling. Sampel sebanyak 52 orang terbagi menjadi 26 remaja putri pada kelompok intervensi dan 26 remaja putri pada kelompok kontrol. Instrumen penelitian yaitu lembar observasi untuk mengukur status gizi, kuesioner singkat berisi data sosiodemografi meliputi pendidikan terakhir orang tua, pekerjaan orang tua, leaflet tentang manfaat sarapan pagi dan dampak jika tidak sarapan pagi diberikan guna menunjang pendidikan kesehatan serta power point. Hasil uji wilcoxon match paired test antara pendidikan kesehatan tentang sarapan pagi bergizi seimbang dengan status gizi remaja putri diperoleh nilai p 0,001, sehingga dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan tentang sarapan pagi bergizi seimbang terhadap status gizi remaja putri.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

syifamedika

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health

Description

Syifa MEDIKA published by Faculty of Medicine, University of Muhammadiyah Palembang is a peer-reviewed journal that published two times a year: September and March. Syifa MEDIKA is a national peer-reviewed and open access journal. We accept original article, case report, and literature review from ...