JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 6 No. 2 (2020): Jurnal pendidikan, sains sosial, dan agama

PEMANFAATAN APLIKASI WHATSAPP SELAMA PANDEMI COVID-19 SEBAGAI SARANA DISKUSI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA

Nuraini (Mahasiswa)
Afif Afghohani (Unknown)
Annisa Prima Exacta (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana respons mahasiswa terhadap pemanfaatan aplikasi Whatsapp sebagai sarana diskusi pembelajaran selama pandemi Covid-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian angket dan wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah subjek dari mana data diperoleh, yaitu mahasiswa semester VI pendidikan matematika Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis angket menunjukkan bahwa persentase rata-rata respons mahasiswa terhadap pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai sarana diskusi pembelajaran berada pada kategori positif dengan persentase sebesar 78,6%. Sedangkan berdasarkan analisis hasil wawancara, mahasiswa juga memberikan respons yang positif terhadap pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai sarana diskusi pembelajaran. Pada penelitian ini pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode, yaitu dengan membandingkan hasil penelitian dengan hasil wawancara. Berdasarkan perbandingan analisis data dengan angket dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa respons mahasiswa dalam pemanfaatan aplikasi WhatsApp sebagai sarana diskusi berada pada kategori sangat positif, menuju positif, melampaui positif, dan menuju kurang positif. Kata Kunci: WhatsApp;respons;sarana diskusi

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...