PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan
Vol 15, No 2 (2020): Jurnal PKn Progresif Volume 15 Nomor 2 Desember 2020

Penerapan Pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan Pemahaman Ideologi Pancasila pada Siswa

Fahrurrozi Imron (Progam Studi PPKn FKIP Universitas Buana Perjuangan Karawang)



Article Info

Publish Date
08 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Pembelajaran PPKn dalam menumbuhkan pemahaman ideologi Pancasila pada siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini ialah Subjek berasal dari SMK N 1 Karawang yang terdiri dari Wakasek Bidang Kurikulum, Guru PPKn, dan Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri (TEI) 1.  Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa cukup memahami nilai-nilai Pancasila melalui pembelajaran PPKn yang diterapkan, terbukti dengan siswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila di sekolah serta dilingkungan sekitarnya, hal tersebut menjadi sebuah dampak ditanamkannya nilai-nilai Pancasila pada penerapan pembelajaran PPKn di sekolah. Rekomendasi penelitian ini bagi Universitas Buana Perjuangan Karawang selaku penyelenggara pendidikan perguruan tinggi guna menjadi kepustakaan terutama dalam bidang wawasan kebangsaan. Bagi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan hasil penelitian ini peneliti menyarankan untuk dimasukkan dalam kajian-kajian kebangsaan sebagai wawasan pengetahuan mengenai pembelajaran PPKn di sekolah serta dampaknya bagi siswa.Kata Kunci : Pembelajaran, Pemahaman, dan Pancasila

Copyrights © 2020