cover
Contact Name
Raharjo, S.Pd., M.Sc.
Contact Email
raharjoppkn@staff.uns.ac.id
Phone
+6281914133246
Journal Mail Official
jurnalpknprogresif@mail.uns.ac.id
Editorial Address
Gedung C FKP UNS, Jl. Ir. Sutami No 36 A, Surakarta
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan
ISSN : 19075332     EISSN : 26211904     DOI : https://doi.org/10.20961/pknp.v15i1.44897
The scope of Jurnal PKn Progresif are about education, civics, citizenship, Pancasila, and social humaniora
Articles 85 Documents
KARTU POP UP TIGA DIMENSI UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN DAN PRAKTIK BERKONSTITUSI MELALUI PENDEKATAN GOOD NEWS CLASSMEETING Didit Yoga Sudibyo
PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan Vol 14, No 1 (2019): Jurnal PKn Progresif, Vol. 14 No. 1 Juni 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/pknp.v14i1.34791

Abstract

Three Dimensional Pop Up Cards Efforts to Improve Constitutional Knowledge and Practices through the Good News Classmeeting, is the learning of PPKn in the counstitution field which emphasizes three components of PPKn learning, namely civic knowledge, civic skills and civic disposition. Learning with the help of three dimensional media Pop Up makes it interesting and makes it easy to learn articles in the UUD 1945 constitution. Learning with audio video media containing new news in constitutional practice brings students knowledge closer and will form students ready in constitutional practice in Indonesia Keywords: pop up cards, counstitution, good news classmeeting
Strategi Penguatan Civic Literasi dalam Upaya Penanggulangan Hoax pada Masa Pendemi Covid-19 Anis Suryaningsih
PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan Vol 15, No 1 (2020): Jurnal PKn Progresif Volume 15 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/pknp.v15i1.44900

Abstract

Pandemi COVID-19 membuat berbagai sektor dalam negeri mengalami kesulitan. Satu permasalahan nyata yaitu maraknya hoax seputar kasus-kasus COVID-19 yang meresahkan warga masyarakat. Maraknya hoax yang menyebar luas membuat masyarakat luas mengalami panik dan cemas berlebihan, yang berujung pada permasalahan menurunnya tingkat kesehatan dan meningkatnya tingkat kriminal. Bertolak dari permasalahan tersebut dipandang perlu meningkatkan civic literacy bagi warga agar berwawasan Pancasila dalam menyikapi kasus hoax yang semakin banyak merebak. Civic literacy atau ‘melek kewarganegaran’ merupakan pengetahuan dan kemampuan untuk berpatisipasi secara efektif dalam hidup berkewarganegaraan seperti mengetahui bagaimana untuk tetap selalu update dalam menerima informasi, memahami pemerintahan serta mengetahui bagaimana menggunakan hak dan kewajiban sebagai warga masyarakat baik pada tingkat lokal, provinsi, nasional dan bahkan global. Civic literacy bagi warga Negara Indonesia yaitu paham dan sadar bahwa dasar negara Indonesia adalah Pancasila.  Warga yang paham dan mampu mengamalkan sila-sila dalam Pancasila membuat mereka bersikap lebih mawas diri dalam menghadapi pandemi COVID-19 ini. Kata Kunci: civic literacy, Pancasila, COVID-19
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT CITIZEN BERORIENTASI CIVIC KNOWLEDGE, CIVIC DISPOSITION, DAN CIVIC SKILL SEBAGAI INOVASI DALAM MATA KULIAH PENDIDIKAN PKn SD Susilo Tri Widodo; Renggani Renggani; Sukarjo Sukarjo
PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan Vol 13, No 1 (2018): Jurnal PKn Progresif, Vol. 13 No. 1 Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/pknp.v13i1.23262

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengembangkan model pembelajaran project citizen yang berorientasi pada civic knowledge, civic disposition, dan civic skill sebagai bentuk inovasi dalam pembelajaran mata kuliah Pendidikan PKn SD. Inovasi model pembelajaran yang dikembangkan memberikan powerful learning atau belajar yang berbobot dan bermakna yang secara pedagogis bercirikan prinsip meaningful (bermakna), integrative (terpadu ), value based (berbasis nilai), chalengging (menantang), activiting (mengaktifkan) dan joyfull (menyenangkan) Penelitan ini dilaksanakan di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pendidikan dengan pendekatan pengembangan (R&D).Hasil penelitian pengembangan yang dilakukan menunjukkan rancangan model pembelajaran layak untuk dikembangkan dengan melihat uji kelayakan dari validator yang menunjukkan 94,62%,  penilaian produk tiap bagian dan keseluruhan yang menunjukkan rata-rata kategori sangat baik. Selain itu, dilihat dari terjadinya peningkatan kefeektifan penggunaan inovasi model pembelajaran yang dikembangkan. Peningkatan tersebut dari 50,43% menjadi 89,22% sehingga secara sederhana dapat dilihat terjadi signifikansi peningkatan 38,79 %. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa inovasi model pembelajaran tersebut efektif untuk dikembangkan dalam pembelajaran mata kuliah PKn SD Kata kunci : project citizen,  pembelajaran, PKn SD
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE TERHADAP CIVIC DISPOSITION SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 TERAS BOYOLALI TAHUN AJARAN 2016/2017 Nur Aini; Winarno Winarno; Muhammad Hendri Nuryadi
PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan Vol 13, No 2 (2018): Jurnal PKn Progresif, Vol. 13, No. 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/pknp.v13i2.26596

Abstract

The objective of research was to find out whether or not there is an effect of value clarification technique learning model application on civic disposition in the 11th graders of SMA Negeri 1 Teras Boyolali in the school year of 2016/2017. This study was an experimental quantitative research. The research design was true experimental design with posttest only control design model. The population of research was the 11th graders of SMA Negeri 1 Teras Boyolali in the school year of 2016/2017. The sampling technique used was cluster random sampling. The sample of research consisted of 68 students: 34 in experimental and 34 in control groups. Data collection in this research was carried out using observation and questionnaire. Data validation for the students’ civic disposition questionnaire in basic competency of conceiving various effects and threats against the state in maintaining Bhinneka Tunggal Ika was carried out using validity and reliability test. To find out whether or not the items of question were valid, Pearson’s product moment correlational formula was used. Meanwhile, the reliability used in this research was Alpha Cronbach. Technique of analyzing data used was a two-independent sample t test.Considering the research an average score of 86,03 experimental class is higher than he average score of 80,76 control class. Then the hypothesis testing using a two independent sample t test with t statistic > t tabel 13,560 > 1,997 at significance level of 5% means that there are difference of  civic disposition between the students in experiment and those in control classes. So that from the result it could be found that there was an effect of value clarification technique learning model on the students’ civic disposition in basic competency of conceiving various effects and threats against the state in maintaining Bhinneka Tunggal Ika in the 11th graders of SMA Negeri 1 Teras Boyolali in the School Year of 2016/2017. Keywords: Value Clarification Technique, Civic Disposition
PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN PPPKn MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN AKTIF, BAHAGIA, ASYIK, HUMANIS, KREATIF DAN UNIK (ABAHKU) BAGI SISWA SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2017-2018 Suyahman Suyahman
PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan Vol 14, No 2 (2019): Jurnal PKn Progresif, Vol. 14 No. 2 Desember 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/pknp.v14i2.42446

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan mutu pembelajaran PPPKn melalui pendekatan pembelajaran Aktif, , Bahagia, Asyik, Humanis,  Kreatif dan Unik (ABAHKU). Subjek penelitian ini adalah guru PPPKn Kelas VIIII  dan siswa Kelas VIIII Di SMP Negeri 1 Boyolali, dan objeknya Mutu Pembelajaran PPPKn dan Pendekatan Pembelajaran ABAHKU. Penelitian ini adalah penelitian kuaitatif, dengan menggunakan pendekatan kasus. Metode pengumpulan datanya: observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui kevalidian data digunakan triangulasi data dan metode. Teknik analisis datanya menggunakan teknik analisis interaktif mengalir yang terdiri dari dari tiga tahap yaitu reduksi data, display data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan berdasarkan hasil observasi dan wawancara dari guru maupun siswa ditemukan hal-hal sebagai berikut; sebelum guru menggunakan pendekatan pembelajaran ABAHKU proses pembelajaran PPPKn terkesan tegang. Pembelajaran lebih didominasi guru, siswa kurang bergairah, pembelajaran berkesan monoton, siswa kurang berpartisipasi. Daya serap siswa kurang maksimal hal ini dibuktikan hasil tes formatif dari 35 siswa yang memenuhi KKM hanya 12 siswa dengan KKM 8,0 dengan nilai rata-rata kelas 7,85. Setelah guru menerapkan pendekatan pembelajaran ABAHKU terjadi perubahan yang signifikan baik kegiatan guru maupun siswa serta daya serap siswa. Dari hasil pengamatan dan wawancara yang peneliti lakukan ditemukan hal-hal sebagai berikut: proses pembelajaran  PPPKn menarik dan menyenangkan, partisipasi siswa sangat aktif, keberanian siswa menyampaikan pendapat cukup tinggi, kegairahan belajar siswa tinggi dan daya serap siswa tinggi hal ini dibuktikan dengan hasil tes formatif dari 35 siswa yang mendapatkan nilai di atas KKM ada 33 siswa dengan nilai rata-rata kelas 8,3. Kesimpulannya pendekatan pembelajaran ABAHKU dapat meningkatkan mutu pembelajaran PPPKn siswa Kelas VIIIIB SMP Negeri 1 Boyolali tahun pelajaran 2017-2018 Kata-Kata Kunci: Pembelajaran PPPKn dan Pendekatan Pembelajaran ABAHKU 
IMPLEMENTASI NILAI-NILAI LUHUR AJARAN KI HAJAR DEWANTARA DALAM PERKULIAHAN PENDIDIKAN PANCASILA UNTUK MENGEMBANGKAN KARAKTER MAHASISWA Ronggo Warsito; Sahid Teguh Widodo
PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan Vol 13, No 1 (2018): Jurnal PKn Progresif, Vol. 13 No. 1 Juni 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/pknp.v13i1.22448

Abstract

This research aims are 1) to describe the implementation of the noble values of Ki Hajar Dewantara’s teaching to develop students' character, 2) to know the problems implementation of the noble values of Ki Hajar Dewantara’s teaching to develop students' character, and 3) find the strategy was implemented of the noble values of Ki Hajar Dewantara’s teaching to develop students' character. It used decriptive qualitative method with the single embedded case study strategy. The method data collection through in-depth interview, observation, documentation, and content analysis. Triangulation technique was used to check the validity. They were analyzed by using the interactive model. Conclusion: 1) the implementation of the noble values of Ki Hajar Dewantara’s teaching very important to develop the students’ character, 2) the problems implementation of the noble values of Ki Hajar Dewantara’s teaching from internal dan external factors, and 3) the strategy was implemented of the noble values of Ki Hajar Dewantara’s teaching to develop students' character with trilogi kepemimpinan.
PENGUATAN KARAKTER KEWARGANEGARAAN DI SMP MURNI 1 SURAKARTA MELALUI PEMBELAJARAN PPKN Faizah Nur Diana; Winarno Winarno; Mohammad Muchtarom
PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan Vol 14, No 2 (2019): Jurnal PKn Progresif, Vol. 14 No. 2 Desember 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/pknp.v14i2.42440

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui implementasi penguatan karakter kewarganegaraan di SMP Murni 1 Surakarta melalui pembelajaran PPKn dan (2) Mengetahui hambatan dalam proses penguatan karakter kewarganegaraan di SMP Murni 1 Surakarta melaui pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, karena penelitian ini tidak membuktikan atau menolak suatu hipotesis akan tetapi data yang diolah di deskriptifkan dan lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data yaitu triangulasi data dan metode. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Guru merancang RPP dengan memasukkan nilai-nilai karakter dalampembelajaran PPKn sebagai bentuk penguatan karakter kewarganegaraan, melakukan penguatan secara verbal dan non verbal baik dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, melakukan home visit untuk melihat lingkungan sekitar peserta didik, (2) Hambatan yang dihadapi oleh guru yaitu tidak adanya dukungan dari orang tua karena tidak memperdulikan perkembangan peserta didik, faktor ekonomi keluarga yang membuat peserta didik mempunyai sifat mudah membangkang karena keinginannya tidak terpenuhi, lingkungan tenpat tinggal peserta didik yang terkesan lingkungan kurang baik, dan peserta didik yang tidak kondusif pada saat pembelajaran di kelas. Kata kunci: penguatan, karakter kewarganegaraan, pembelajaran
PENGUATAN KARAKTER BERBASIS JATI DIRI BANGSA PADA PELAJAR NAHDLATUL ULAMA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KETAHANAN PRIBADI PEMUDA (Studi di Pimpinan Cabang IPNU Kabupaten Karanganyar, Provinsi Jawa Tengah) Dwi Oktofianto
PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan Vol 13, No 2 (2018): Jurnal PKn Progresif, Vol. 13, No. 2 Desember 2018
Publisher : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/pknp.v13i2.26584

Abstract

This research was studied the enforcement of IPNU PC national identity character in Karanganyar towards personal resiliences members. The enforcement of character based on IPNU PC national identity in Karanganyar is useful in preserving the trust and solidarity of citizens towards the nation state. The research method used was qualitative research with phenomenology approach. Data analysis techniques used by researchers were open coding and axial coding. The results showed that the enforcement of IPNU PC identity character in Karanganyar toward personal resiliences members was done by internalizing Pancasila values in science and khataman assemblies, Makesta (Loyalty of Members), and IPNU PC National Post-Exam Guidance (BPUN) in Karanganyar. The strengthening of IPNU PC's identity character in Karanganyar toward personal endurance of members starts from the stage of understanding (understand the true), ngrasa (feel good), and nglakoni (must be implemented). The implications to be a confident human being and firmly adhered to the principle, citizens who were active in the responsibilities of society, solid citizen living in harmony and togetherness, being an open citizen on the basis of kinship.Keywords: Character, Identity, Youth Organization and Personal Resilience.
IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN TERHADAP PEMENUHAN HAK SOSIAL WARGA LANSIA MISKIN (STUDI DI KECAMATAN JEBRES KOTA SURAKARTA) Barjo Wahyu Hidayat; Muhammad Hendri Nuryadi; Rusnaini Rusnaini
PKn Progresif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan Vol 14, No 1 (2019): Jurnal PKn Progresif, Vol. 14 No. 1 Juni 2019
Publisher : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/pknp.v14i1.34795

Abstract

The purpose of this study is to (1) knowhow the implementation of PKH policies towards the fulfillment of social rights of poor elderly citizens. (2) to find out the factors that affect the implementation of PKH policies. This study used descriptive qualitative research. Sources of data used are informants, events or activities and documents. The sampling technique is purposive sampling. Techniques of the data collection and compilation of data were done by interviews, observation and document analysis. The researcher used data triangulation and triangulation methods to obtain valid data. While the techniques of analyzing the data using interactive models are: (1) data collection (2) data reduction (3) data presentation and (4) drawing conclusions. This research procedure follows the following steps: (1) pre-field, (2) field implementation, (3) field analysis, and (4) preparation of the research report. Based on the results of the research can be concluded that: (1) Implementation of PKH in the fulfillment of the social rights of poor elderly people in Jebres District has been run in accordance with the SOP in the PKH guidebook, These activities include: Targetting, Socialization, Grants, group meetings, assistance and commitment verification. (2) There are supporting and inhibiting factors in the implementation of PKH in Jebres Sub-district, Supporting Factors: Resources, Public Support, and Characteristics of implementing agents, while the constraining factors: Communication, Disposition. and goals. Keywords :Implementation of policy, Family Hope Program, social rights of poor elderly citizens
Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 sampai dengan Merdeka Belajar 2020 Raharjo Raharjo
PKn Progresif: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Kewarganegaraan Vol 15, No 1 (2020): Jurnal PKn Progresif Volume 15 Nomor 1 Juni 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Sebelas Maret

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20961/pknp.v15i1.44901

Abstract

Di Indonesia, perkembangan kurikulum dari masa ke masa terjadi begitu dinamis. Tujuan penelitian ini ialah mengetahui bagaimana perkembangan kurikulum PPKn di Indonesia dari mulai rentjana pelajaran 1947 sampai dengan yang terbaru mengenai kurikulum merdeka belajar 2020. Metode penelitian yang digunakan yaitu library research. Adapun hasil penelitian memaparkan bahwa di Indonesia terjadi perkembangan kurikulum yang sangat dinamis dari mulai awal merdeka diawali dengan kurikulum rentjana pelajaran 1947, kurikulum rentjana pelajaran terurai 1952, kurikulum rentjana pendidikan 1964, kurikulum 1968, kurikulum 1975, kurikulum 1984, kurikulum 1994 dan suplemen kurikulum 1999, kurikulum 2004, kurikulum 2006, kurikulum 2013, dan yang terakhir sampai dengan saat ini ialah terkait dengan kurikulum merdeka belajar 2020. Bagi PPKn, secara normatif terjadi perkembangan yang cukup dinamis dalam nomenklatur, dalam perkembangan kurikulum sebelum nomenklatur yang terbaru saat ini PPKn, sebelumnya dikenal dengan berbagai nomenklatur seperti Civics, Pendidikan Kewargaan Negara, Pendidikan Moral Pancasila (PMP), Pendidikan Kewarganegaraan, dan kemudian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Kata kunci:  kurikulum, PPKn, merdeka belajar