Pemanfaatan smartphone di Sekolah Menengah Kejuruan dalam kegiatan pembelajaran masih sangat rendah maka diperlukan rancangan proses pembelajaran dengan menggunakan smartphone. Penelitian ini bertujuan untuk merancang proses pembelajaran yang inovatif dengan sistem mobile learning berbasis aplikasi android pada bidang studi Pemeliharaan kelistrikan sepeda motor. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) sedangkan model yang dipakai adalah William W. Lee dan Diana L. Owens. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran mobile learning sistem pengapian adalah sangat valid untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, sesuai dengan hasil uji validasi yang dilakukan oleh ahli materi sebesar 96% dan uji validasi ahli media 96% termasuk kategori sangat valid. Hasil uji kepraktisan dan ketertarikan berdasarkan respon siswa sebesar 93% yang termasuk kategori sangat praktis. Untuk uji efektifitas yang diujikan ke siswa didapatkan nilai test kompetensi sistem pengapian hasil nilai rata rata sebesar 88,88 hal ini meningkat sebesar 21 point yang semula sebesar 67,88 sebelum menggunakan mobile learning. Kesimpulanya bahwa penggunaan media pembelajaran mobile laerning sistem pengapian pada mata pelajaran Pemeliharaan kelistrikan sepeda motor sangat valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan merubah prilaku siswa menjadi semangat, aktif dan mandiri dalam belajar.
Copyrights © 2021