Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 2, No 1 (2021)

Home Visit Sebagai Solusi Tepat Untuk Menyelamatkan Siswa Bermasalah

Ira Wati Sembiring (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 May 2021

Abstract

Dilihat dari kompetensinya, guru di SDN Paya Gambar kurang maksimal dalam mengoperasikan komputer, mengenal IT, dan menggunakan smartphone sebagai media pembelajaran online. Oleh karena itu, guru-guru tersebut sangat sulit mengimplementasikan pembelajaran dalam jaringan/online kepada anak didik.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi home visit yang dilakukan oleh guru sebagai solusi menyelamatkan siswa bermasalah pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian kali ini adalah Guru kelas  SDN 101867 Paya Gambar yang berjumlah 6 Orang, Siswa bermasalah 60 orang, dan orang tua murid. Dalam pendekatan ini penulis mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan wali murid yang kemudian dicatat sebagai dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru mengimplementasikan strategi home visit pada pembelajaran pada masa pandemi. Adapun tahapannya yakni: 1) tahap persiapan; 2) tahap pelaksanaan; 3) tahap kegiatan lanjutan; dan 4) tahap monitoring dan evaluasi. Strategi home visit  menjadi solusi bagi guru untuk menyelamatkan siswa bermasalah selama masa pandemi .Kata Kunci: pembelajaran online ; home visit; siswa bermasalah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...