Dilihat dari kompetensinya, guru di SDN Paya Gambar kurang maksimal dalam mengoperasikan komputer, mengenal IT, dan menggunakan smartphone sebagai media pembelajaran online. Oleh karena itu, guru-guru tersebut sangat sulit mengimplementasikan pembelajaran dalam jaringan/online kepada anak didik.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi home visit yang dilakukan oleh guru sebagai solusi menyelamatkan siswa bermasalah pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan metode atau pendekatan kualitatif. Subjek Penelitian kali ini adalah Guru kelas SDN 101867 Paya Gambar yang berjumlah 6 Orang, Siswa bermasalah 60 orang, dan orang tua murid. Dalam pendekatan ini penulis mengumpulkan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kata-kata dan tindakan wali murid yang kemudian dicatat sebagai dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan guru mengimplementasikan strategi home visit pada pembelajaran pada masa pandemi. Adapun tahapannya yakni: 1) tahap persiapan; 2) tahap pelaksanaan; 3) tahap kegiatan lanjutan; dan 4) tahap monitoring dan evaluasi. Strategi home visit menjadi solusi bagi guru untuk menyelamatkan siswa bermasalah selama masa pandemi .Kata Kunci: pembelajaran online ; home visit; siswa bermasalah.
Copyrights © 2021