Penelitian ini berawal dari permasalahan rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Idanotae Kabupaten Nias Selatan pada materi Bilangan Bulat, dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 67. Dari 21 jumlah peserta didik hanya 9 peserta didik yang mencapai KKM yaitu sekitar 44%. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Mandrehe. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 3 Satu Atap Idanotae pada tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis disimpulkan melalui penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Bilangan. Meningkatnya aktivitas guru dalam proses pembelajaran disebabkan karena guru menggunakan model pembelajaran problem based learning (PBL). Hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Hasil belajar siswa sebelum tindakan yang mencapai KKM hanya 9 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 44%. Kemudian pada siklus I siswa yang mencapai KKM hanya 15 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 67%. Siklus II siswa yang mencapai KKM 19 siswa dengan rata-rata klasikal sebesar 93%
Copyrights © 2022