Penelitian ini dilatar belakangi oleh nilai hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Kurangnya kemampuan guru dalam merancang dan menerapkan metode, menjadi kendala dalam keberhasilan anak dalam proses belajar matematika. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa terhadap pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research), proses penelitian dilakukan sebanyak Dua siklus yang sebelumnya melakukan tindakan tahap siklus, setiap siklusnya meliputi 4 tahap yaitu : 1) tahap perencanaan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap observasi, 4) tahap refleksi.Hasil yang diperoleh dari pelaksanaan penelitian terlihat adanya peningkatan, ini terlihat dari hasil jawaban siswa pada hasil evaluasi pembelajaran siswa dan terjadinya peningkatan dalam keaktifan siswa dalam hal tanya jawab dikelas dan cara berpikirnya lebih aktif dan kritis. Demikian juga hasil belajar dari setiap tindakan menunjukan peningkatan, yakni nilai rata-rata tes pada tindakan pertama adalah 72, sedangkan pada tahap siklus 2 nilai rata-ratanya adalah 84. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pemecahan masalah pada pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan berdasarkan hasil penelitian ternyata dapat meningkatkan hasil belajar Produk Kreatif dan Kewirausahaan dan seyogyanya para guru dapat mencoba menerapkan metode ini agar siswa aktif dan termotivasi dalam pembelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021