Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 2, No 1 (2021)

Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Himpunan Menggunakan Teknik Think-Pair-Share Dan Jigsaw Di Kelas VII Smp Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2020/2021

Martini M (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2021

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang terdiri dari dua kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa pada pokok bahasan himpunan menggunakan tipe Think-Pair-Share lebih tinggi daripada tipe Jigsaw di SMP Negeri 7 Medan tahun ajaran 2020/2021. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas 7 SMP Negeri 7 Medan. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian ini ada dua kelas, yaitu kelas VII-7 dan VII-6. Banyak siswa untuk masing –masing kelas adalah 40 orang. Instrument dalam penelitian ini terdiri dari tes pilih berganda sebayak 25 soal sebelum dilakukan uji coba validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda soal. Dari hasil uji coba tes tersebut ternyata diperoleh sebanyak 20 soal valid dan 5 soal tidak valid. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu di uji normalitas dan homogenitas. Dari pengujian ini diperoleh bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data diperoleh rata-rata dan simpangan baku pada kelas eksperimen A untuk data pretest 4,925 dan 1,22 sedangkan untuk data postest 6,5375 dan 1,59. Untuk nilai rata-rata dan simpangan baku kelas eksperimen B untuk data pretest 4,86 dan 1,56 sedangkan untuk data post test 5,58  dan 1,42. Dari analissi data dengan menggunakan uji-t pada taraf α=0,05 diperoleh thitung=2,88 sedangkan ttabel=1,6671 ternyata thitung>ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa hasil belajar siswa pada pokok bahasan himpunan menggunkan tipe Think-Pair-Share lebih tinggi daripada tipe Jigsaw dikelas VII SMP Negri 7 Medan tahun ajaran 2020/2021.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...