ProBank: Jurnal Ekonomi dan Perbankan
Vol 5, No 2 (2020)

PENERAPAN MARKETING MIX PADA STRATEGI PEMASARAN KONVENSIONAL DAN DIGITAL

Nawari Nawari (Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan)
Lina Auliya Ulfa (Universitas Islam Darul ‘Ulum Lamongan)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2020

Abstract

Permasalahan yang diketahui dalam penelitian ini berkaitan dengan konsumen yang mengeluh karena jika berbelanja harus datang ke toko tas Joyshop Babat. Pada tahun 2017 Toko Tas Joyshop membuka toko di digital melalui sosial media seperti Facebook, Instagram dan Shopee. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi pemasaran produk dengan Sistem Digital dan Konvensional di Toko Tas Joyshop Babat. Variabel-variabel tersebut adalah, produk, harga, promosi dan lokasi. Penelitian ini berisfat survey dengan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang sering berbelanja dengan Sistem Digital dan Konvensional. Pengambilan sampel menggunakan teknik Sampling aksidental dan didapatkan sampel sebanyak 99 responden dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan menggunakan kuesioner. Analisis data yang digunakan menggunakan uji validasi, uji reliabilitas, analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi R2, dan uji hipotesis melalui uji t yang digunakan untuk mengetahui variabel produk, harga, promosi dan lokasi secara parsial terhadap pemasaran produk dengan Sistem Digital dan Konvensional di toko tas Joyshop Babat. Hasil analisis dapat dilihat uji t variabel produk thitung = 8,256 > ttabel = 1,660 yang menyatakan produk berpengaruh terhadap pemasaran produk. Variabel harga thitung = 2,951 > ttabel = 1,660 yang menyatakan harga berpengaruh terhadap pemasaran produk, variabel promosi thitung = 2,642 > ttabel = 1,660 yang menyatakan promosi berpengaruh terhadap pemasaran produk dan variabel lokasi thitung = 2,275 > ttabel = 1,660 yang menyatakan lokasi berpengaruh terhadap pemasaran produk.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

probank

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

We invite unpublished research, empirical study, book review, short communication and high quality research work pertaining to the recent developments and practices in the areas of Economics, Corporate Governance, Industrial Relations, And emerging paradigms in allied subjects like Accounting, ...