Perkembangan yang terjadi di dunia bisnis saat ini sangat diuntungkan dengan adanya kehadiran sosial media instagram khususnya di dunia food& beverages dan telah meningkat dari waktu ke waktu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peranan promosi instagram (banban.tea) terhadap keputusan pembelian di ban ban tea emporium pluit mall. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif kausal dengan teknik pengumpulan data kuesioner menggunakan purposive sampling dan memiliki jumlah responden sebanyak 100 responden dan pengolahan datanya menggunakan SPSS (Statistical Packages For Social Sciences) versi 24. Dan menggunakan metode penelitian uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji heteroskedastistas), analisis regresi linear sederhana, uji T, Uji F, koefisien determinasi. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa Uji T menunjukkan bahwa variabel X (promosi) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Y (keputusan pembelian), Uji F untuk mengetahui apakah variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat, dan yang terakhir adalah uji koefisien determinasi yang menyatakan bahwa variabel X (promosi) terhadap variabel Y (keputusan pembellian) berpengaruh sebesar 69,1% sedangkan sisanya sebesar 30,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak teliti. Berdasarkan hasil uji penelitian dapat disimpulkan bahwa promosi media sosial instagram (banban.tea) berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini kepada pemilik akun instagram(banban.tea) agar dapat mempertahankan dan membuat inovasi yang baru sehingga konsumen akan melakukan pembelian ulang.
Copyrights © 2020