Jambura Journal of Educational Management
VOLUME 2 NOMOR 1, MARET 2021

Implementasi Hasil Diklat Penguatan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah

Maryam Imran (Universitas Negeri Gorontalo)
Arifin Suking (Universitas Negeri Gorontalo)
Intan Abdul Razak (Universitas Negeri Gorontalo)
Sulkifly Sulkifly (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan kepala sekolah dalam mengimplementasikan teknik analisis manajemen, (2) kemampuan kepala sekolah dalam menilai rapor mutu, (3) kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan peserta didik, dan (4) kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif explanatory. Teknik pengumpulan data melalui observasi/pengamatan, kuesioner (angket), wawancara, dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan terhadap data yang terkumpul adalah metode statistik. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan kepala sekolah dalam mengimplementasikan teknik analisis manajemen di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Timur termasuk dalam kategori cukup baik, (2) kemampuan kepala sekolah dalam menilai rapor mutu di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Timur termasuk dalam kategori baik, (3) kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Timur termasuk dalam kategori baik, dan (4) kemampuan kepala sekolah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di Sekolah Dasar Negeri Se-Kecamatan Kota Timur termasuk dalam kategori baik. Untuk itu disarankan: (1) bagi dinas pendidikan, agar lebih memantau dan mengevaluasi implementasi hasil diklat penguatan di sekolah, (2) bagi lembaga penyelenggara diklat, agar lebih mempertajam dan memperkuat materi-materi diklat penguatan yang tertentu, (3) bagi kepala sekolah, agar lebih memahami kekuatan dan kelemahan sekolah serta meningkatkan kemampuan dalam membuat analisis TAM, (4) bagi guru, diharapkan dapat menambah pengetahuan tentang kompetensi manajerial kepala sekolah dan juga bisa lebih mengerti tugas-tugas kepala sekolah dalam hal kompetensi manajerial agar bisa menilai kepala sekolah lebih baik lagi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jjem

Publisher

Subject

Other

Description

Jambura Journal of Educational Management (JJEM) is a scientific journal in the field of Education Management. JJEM is published by the Department of Education Management, Faculty of Education science at the State University of Gorontalo. The purpose of this journal is to provide a place for ...