G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 5, No 1 (2020): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS VIIIA SEMESTER GENAP MTS NEGERI 5 DEMAK TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Mustofiyah, - (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2020

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui a) proses pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas VIIIA semester genap MTs Negeri 5 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. b) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran model kooperatif tipe Jigsaw mata pelajaran IPA pada peserta didik kelas VIIIA semester genap MTs Negeri 5 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah keseluruhan siswa di kelas VIIIA adalah 32 peserta didik, dengan rincian peserta didik putri 30 orang dan peserta didik putra 2 orang. Hasil belajar mereka pada mapel IPA, dilihat dari nilai ulangan setelah menyelesaikan 1 bulan pembelajaran (1 KD) rata-rata nilai mereka rendah. Siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM ada 35%, diatas KKM ada 65%. Penelitian Tindakan Kelas ini menggunakan metode pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi dan tes. Dari hasilnya penelitian menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Peserta Didik Kelas VIIIA Semester Genap MTs Negeri 5 Demak Tahun Pelajaran 2019/2020 hasil belajar yang didapat mengalami peningkatan dari hasil belajar Siklus 1 dari 71,875 % ke siklus 2 menjadi 93,75% dengan peningkatan sebesar 21,875%, selain prosentase ketuntasan nilai rata – rata pun juga mengalami kenaikan dari 77 menjadii 85,94 Dari prosentase hasil belajar peserta didik bisa dilihat bahwa di siklus 2 menunjukan prosentase diatas 90%.Kata Kunci: metode jigsaw, IPA, siswa SMP

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...