Dalam masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), WhatsApp menjadi backbone dalam melakukan komunikasi antara guru dan murid yang dijembatani oleh orang tua. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan interaksi yang terjadi antara guru dan orang tua siswa melalui media sosial. Teori yang digunakan ialah teori interaksi konvensional, khususnya teori analisis proses interaksi dan analisis interaksi dan pengembangan kelompok. Metode yang digunakan ialah etnografi virtual. Hasil penelitian menggambarkan bahwa pola interaksi dalam hal proses belajar mengajar yang dilakukan antara guru, orang tua, dan murid sedikit berbeda jika dilakukan melalui media online. Guru lebih banyak melakukan interaksi kepada orang tua murid secara dua arah, kemudian orang tua akan berinteraksi kepada murid untuk menyampaikan pesan dari guru. Interaksi yang dilakukan secara umum sama, yaitu dalam bentuk bidang tugas (task behaviors) dan bidang sosio emosional (socio e-motional behaviors). Interaksi yang muncul melibatkan enam fase, yaitu: orientasi, evaluasi, kontrol, pengambilan keputusan, tension management, dan integrasi. Terdapat keseimbangan interaksi antara bidang tugas dengan bidang sosio emosional.During the Distance Learning (DL) period, WhatsApp became the main communication medium between teachers and students, which is mediated by parents. This study aims to describe the interactions that occur between teachers and parents through social media. The study used the interaction theory, specifically the theory of interaction and interaction process analysis and group development. The method used is virtual ethnography. The study findings illustrate that interaction patterns between teachers, parents, and students for the teaching-learning process are slightly different when they are done through online media. Teachers are more likely to interact with parents in a two-way communication, where parents will then interact with students regarding the teachers’ messages. The interactions done are common, prominently in the form of task behaviors and socioemotional behaviors. The emerged interactions involved six phases: evaluation, control, decision making, tension management, and integration. There’s a balanced interaction ratio between the task field and the socio-emotional field.
Copyrights © 2020