cover
Contact Name
Umi Septia Rahayu
Contact Email
umi@iisip.ac.id
Phone
+6281584200741
Journal Mail Official
ejournal.iisip@gmail.com
Editorial Address
Gedung Sekretariat Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta Jalan Lenteng Agung Raya No. 32, Jakarta Selatan 12610
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal ISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
ISSN : 16939506     EISSN : 26551985     DOI : Prefik: 1036451
Focus : Jurnal ISIP: Jurnal Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik is to publish research articles and literature studies within the field of an advanced understanding and how share of knowledge, produce new finding, sharing and collaboration in field of Communication, Politics, International Relation, Social Welfare and Business Administration Science. Scope: Media studies, Journalism, Public-Relations, Advertising, Communication Management, Politics, Government, Policies, Elections, Political Parties, Conflics, Global Politic, Political thoughts, International Political Economy, Civic Empowerment, Diplomacy, Leadership, Enterpreneurship, Good – Corporate Governances, Organization Behavior, Social Welfare, Social Problem, Social Worker Practice and Community Development, Strategic Management and Marketing.
Articles 60 Documents
Pengaruh Experiential Marketing dalam Membangun Experiential Value dan Relationship Quality yang Berdampak bagi Loyalty (Studi pada Konsumen Happiness Kitchen And Coffee, Ciganjur -- Jakarta Tahun 2018) Ayu Khadijah; Linda Rahmah; Renjana Renjana
Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 16, No 1 (2019): Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36451/j.isip.v16i1.22

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Experiential Marketing dalam membangun Experiential Value dan Relationship Quality yang berdampak bagi Loyalty. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Experiential Marketing terhadap Expetiential value, Experiential Marketing Terhadap Relationship Quality, Experiential Value terhadap Loyalty, dan Relationship quality terhadap Loyalty. Metode Penelitian menggunakan Metode Survey, jenis penelitian ini yaitu Kuantitatif, dengan Metode Analisis Data Structural Equation Modeling (SEM). Hasil Penelitiannya yaitu Experiential Marketing berpengaruh positif sebesar 0,96 terhadap terbentuknya Experiential Value, Experiential Marketing berpengaruh positif sebesar 0,99 terhadap terbentuknya Relationship Quality, Experiential Value berpengaruh positif sebesar 0,33 terhadap terbentuknya Loyalty, Relationship Quality berpengaruh positif sebesar 0,64 terhadap terbentuknya Loyalty. Kesimpulan Penelitian ini dapat memberikan informasi kepada Happiness Kitchen and Coffee, Ciganjur-Jakarta untuk dapat meningkatkan Experiential Marketing yang akan mempengaruhi peningkatan Experiential Value dan Relationship Quality sehingga konsumen Loyal dan memberikan penilaian yang positif kepada Happiness Kitchen and Coffee, Ciganjur – Jakarta Tahun 2018
Strategi Rebranding E-Commerce Blanja.com Meningkatkan Brand Awareness melalui Iklan Televisi Sherlyta Seftiandy; Rohmiati Sunaryo
Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 15, No 1 (2018): Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36451/j.isip.v15i1.12

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mendiskusikan strategi rebranding e-commerce Blanja.com melalui televisi dalam meningkatkan Brand Awareness. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif . Dalam penelitian ini digunakan metode studi kasus dimana fokus penelitian ini adalah 3 strategi rebranding e-comerce Blanja.com melalui iklan di televisi. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa faktor rebranding yang dilakukan Blanja.com karena adanya perubahan pada strategi perusahaan. Sedangkan tujuan rebranding tersebut ialah untuk meningkatkan brand awareness pada stakeholders. Proses Rebranding yang dilakukan Blanja.com melalui 4 tahapan yaitu, repositioning berdasarkan keaslian produk, redesigning logo dengan menggunakan warna light ruby dengan font FS Hackney serta tampilan website yang banyak menampilkan promo, renaming dengan mengubah tagline “Blanja Tanpa Batas”, dan relaunching yang dilakukan dengan cara internal launching serta eksternal launching dengan bentuk media gathering yang mengundang media dan stakeholders.
Representasi Kesetaraan Gender pada Iklan Pil KB Andalan Versi Dapur di Televisi Muhammad Abdul Ghani; Rohmiati Sunaryo
Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 17, No 1 (2020): Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36451/j.isip.v17i1.39

Abstract

Artikel ini melaporkan hasil penelitian tentang representasi kesetaraan gender di dalam iklan dan makna yang dibangun tentang produk pil Keluarga Berencana (KB) Andalan. Iklan yang diteliti iklan pil KB Versi Dapur di Televisi, dengan metode analisis semiotika Roland Barthes dan wawancara dengan Creative Director iklan tersebut. Hasil penelitian menggambarkan kesetaraan gender dalam sebuah keluarga direpresentasikan oleh keikutsertaan suami dalam kegiatan di dapur bersama istri, dengan pembagian pekerjaan, dan dialog yang memberikan hak kepada perempuan dalam pengambilan keputusan untuk menunda kehamilan. Mitos dapur sebagai arena pekerjaan perempuan telah berubah dimana pria pun bisa mengambil peranan. Representasi kesetaraan gender dan penggambaran suasana harmonis antar suami istri sebagai sebuah keluarga bahagia, menyiratkan makna produk pil KB sebagai produk yang bisa memberikan kebahagiaan dengan peran perempuan yang lebih setara dengan pria. This article reports on the results of research on the representation of gender equality in advertising and the meaning that is built about Andalan family planning pill products. The advertisement was researched by the Kitchen Version of the Pill on Television, with Roland Barthes's semiotic analysis method and an interview with the Creative Director of the ad. The results of the study illustrate gender equality in a family represented by the participation of the husband in activity in the kitchen with his wife, by dividing the work, and dialogue that gives women the right to make decisions to postpone pregnancy. The myth of the kitchen as an arena for women's work has changed where even men can take part. The representation of gender equality and the depiction of a harmonious atmosphere between husband and wife as a happy family, implies the meaning of birth control products as products that can provide happiness with the role of women who are more equal.
Wacana Pemberitaan Diskriminasi Terhadap Muslim Uyghur di Republika.co.id dan Kompas.com Winda Yustika Sari; Udi Rusadi
Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 16, No 2 (2019): Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36451/j.isip.v16i2.27

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji wacana tentang pelaporan diskriminasi terhadap Muslim Uyghur di Republika.co.id dan Kompas.com. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan Analisis Wacana Kritis Roger Fowler. Hasilnya menemukan bahwa Republika.co.id lebih cenderung menunjukkan peristiwa di Xinjiang sebagai diskriminasi terkait agama, menggunakan pertarungan wacana. Sementara itu, Kompas.com lebih cenderung menunjukkan peristiwa di Xinjiang sebagai tindakan pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pemerintah Tiongkok terhadap Uyghur, menggunakan klasifikasi, pembatasan pandangan, dan pertarungan wacana. Nilai-nilai ideologis yang terkandung dalam Republika.co.id menekankan hal-hal yang berkaitan dengan Islam, sementara Kompas.com lebih menekankan pada sisi manusia.Wacana dan nilai-nilai ideologis yang ditampilkan dalam pelaporan diskriminasi terhadap Muslim Uyghur di Republika.co.id dan Kompas.com adalah hasil konstruksi realitas yang dilakukan oleh dua media, di mana proses pembentukan makna melalui bahasa dipengaruhi oleh ideologi. dari Republika.co.id dan Kompas.com digunakan sebagai dasar dalam menyusun dan menyajikan berita. Dalam hal ini, Republika.co.id menyajikan berita berdasarkan ideologi Islam, sedangkan Kompas.com mengandalkan ideologi humanisme. This study aims to examine the discourse on reporting discrimination
Pendekatan Behavioralisme dan Kendala Perundingan Indonesia-Korea Comprehensive Economic Partnership Agreement (IK-CEPA) Achmad Ismail; Darynaufal Mulyaman Mulyaman
Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 15, No 2 (2018): Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36451/j.isip.v15i2.17

Abstract

Indonesia dan Korea Selatan sepakat menginisiasi pembicaraan perundingan IK-CEPA pada 2011 untuk meningkatkan hubungan dagang dan investasi yang lebih komprehensif. Sayangnya, pembicaraan perundingan ini terkendala dan tidak jelas nasibnya. Penelitian ini mencoba menelaah penyebab kendala pembicaraan perundingan IK-CEPA. Beberapa penelitian terdahulu serupa lainnya, membahas penurunan kerjasama perdagangan Indonesia-Korea dan IK-CEPA sebagai salah satu solusinya, namun tetap terjadi kendala. Penelitian ini berusaha menjawab fenomena tersebut melalui pendekatan behavioralisme, yang mana perilaku aktor dan interaksinya dapat dijelaskan berdasarkan data-data statistik serta pernyataan resmi pemerintah Indonesia dan Korea. Penelitian ini menggunakan metode causal process tracing yang menjadi metode pada penelitian ini. Selanjutnya, penelitian ini berkesimpulan bahwa sikap pemerintah Indonesia dan Korea Selatan dalam perundingan IK-CEPA berbanding lurus dengan statistik perdagangan antara Indonesia dan Korea Selatan.
Narasi Ideologis tentang Pemberitaan Demonstrasi Aksi Bela Islam II (411) pada Surat Kabar Kompas, Media Indonesia, dan Republika Saeful Rokhman
Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 14, No 2 (2017): Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36451/j.isip.v14i2.7

Abstract

Penelitian ini mengungkap Pola Narasi ideologis pemberitaan Demonstrasi Aksi Bela Islam II ditampilkan pada Surat Kabar Kompas, Media Indonesia dan Republika dari sudut pandang analisis naratif, yaitu analisis naratif alur (plot), analisis naratif karakter tokoh, dan analisis naratif oposisi biner. Hasil dari ketiga model analisis tersebut menunjukkan bahwa Kompas dan Media Indonesiatelah menjadi Ideological State Apparatus sebagaimana yang disampaikan Althusser. Suratkabar yang berafiliasi pada kekuasaan bekerja memproduksi narasi berita hanya untuk melanggengkan praktik kekuasaan. Dari mulai alur yang diceritakan, pemilihan karakter tokoh, maupun melalui analisa binery opposition secara paradigmatik. Semuanya mengarah pada kesimpulan bahwanarasi berita yang diceritakan sudah tercelup oleh kepentingan ekonomi dan politik kekuasaan.Sehingga pola narasi yang ditampilkan akan mengikuti logika, nilai, ideologi, dan kepentingan kekuasaan. Sementara itu, suratkabar yang berada di pihak oposisi kekuasaan, ia memproduksi narasi berita untuk melakukan perlawanan terhadap legitimasi praktik kekuasaan. Baik itu dilihat dari alur yang diceritakan, pemilihan karakter tokoh maupun melalui analisa binery opposition secara paradigmatik. Semuanya mengarah pada kesimpulan bahwa narasi berita yang diceritakanselalu kritis sebagai bentuk perlawanan pada ekonomi dan politik kekuasaan. Sehingga pola narasi yang ditampilkan akan mengikuti logika, nilai, ideologi, dan kepentingan anti kekuasaan.
Gerakan Aceh Merdeka (GAM), Transformasi Politik Dari Gerakan Bersenjata Menjadi Partai Politik Lokal Aceh Santi Andriyani
Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 14, No 1 (2017): Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36451/j.isip.v14i1.32

Abstract

Temuan dari penelitian, pertama, konflik di Aceh mempunyai latar belakang yang panjang (DI/TII, GAM, DOM) yang bermuara dengan adanya MoU Helsinki 2005, yang melahirkan kebijakan Otonomi Khusus dan memberikan wewenang berupa pembentukan partai politik lokal Aceh. Kebijakan dari pemerintah pusat ini merupakan wujud dari proses transformasi politik (dari gerakan bersenjata menjadi partai politik lokal Aceh). Kedua, dalam perkembangannya, Partai politik lokal Aceh belum secara maksimal berkontribusi untuk kemajuan masyarakat Aceh khususnya dalam bidang ekonomi dan politik. Dalam bidang politik, secara empiris elite yang berada dalam partai politik lokal Aceh terlibat korupsi bantuan sosial, interen eks kombatan partai lokal dalam pemilihan kepala daerah melakukan intimidasi terhadap sebagian masyarakat Aceh. Kemudian ada kasus salah satu mantan anggota GAM yang bernama Din Minimi, karena tidak menerima dana kompensasi melakukan pemberontakan terhadap elite GAM yang duduk di pemerintahan. Kesimpulan penelitian transformasi politik dari Gerakan Aceh Merdeka (GAM) menjadi partai politik lokal Aceh belum menyentuh pada kepentingan masyarakat Aceh secara menyeluruh.
Jaringan Proses Gatewatching pada Usear Generated Content di Pasangmata.com Emma Rahmawati; Udi Rusadi
Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 16, No 1 (2019): Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36451/j.isip.v16i1.23

Abstract

Artikel ini melaporkan hasil penelitan yang bertujuan untuk menjelaskan bagaimana jaringan proses gatewatching pada media online Pasangmata.com Metode yang digunakan ialah studi kasus dalam paradigma post-positivisme. Hasil penelitian menjelaskan jaringan proses gatewatching dibangun mulai dari pengguna hingga newsroom berbasis web dengan administrator sebagai penjaga konten. Namun gatewatching dilakukan hanya pada tahapan cross newsroom proses selanjutnya kembali dilakuklan sebagaimana pada tahap gatekeeping era tradisional. Konten di moderasi untuk menjaga kualitas agar tetap pada standart jurnalistik. Pasangmata.com dalam berbagi konten dengan lini Detikcom Pasangmata menggunakan gatewatching sedangkan Detikcom menggunakan gatekeeping. Pengguna diperbolehkan menggunakan anonim untuk menjaga narasumber dari ancaman. Disarankan menggunakan gatewatching full open news site, agar meningkatkan lagi proses literasi media pada pengguna dan penggunaan konten anonim sebaiknya diperketat dan dikurangi, agar tetap menjaga kredibilitas Pasangmata.com.
Peran Pendamping Syair untuk Sahabat Foundation dalam Meningkatkan Kreatifitas Anak- Anak yang Hidup dengan HIV/AIDS M. Iman Rifai; Sadakita Br Karo
Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 15, No 1 (2018): Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36451/j.isip.v15i1.13

Abstract

Karya ilmiah ini bertujuan untuk menggambarkan peran pendamping Syair untukSahabat Foundation dalam meningkatkan kreatifitas anak yang hidup dalam penderitaan HIV/AIDS melalui komunikasi kelompok English For Kids. Jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode Studi Kasus. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Komunikasi pendamping Syair Untuk Sahabat Foundation dengan anak penderita HIV/AIDS di English For Kids adalah komunikasi kelompok kecil. Pendamping memiliki peran atau tugas kelompok sebagai Information giver (pemberi informasi), Orienter, (pengarah), Energizer (pendorong) Procedural-technician (petugas teknik) serta peran pemelihara kelompok sebagai Encaurager (penggalak), Harmonizer (wasit), Gatekeeper and expediter (penjaga gawang), Standar setter or ego ideal (pembuat aturan). Teknik yang dipergunakan melalui persuasi Motivational appeal, Humorious appeal yang bertujuan meningkatkan kreatifitas anak. Pendamping dalam pemeliharaan hubungan kelompok berperan sebagai wasit yaitu sebagai penengah. dan peran sebagai pembuat aturan tidak mendiskusikannya dengan peserta
Nilai Kemanusiaan dalam Foto Jurnalistik tentang Erupsi Gunung Agung, Bali di kompas.com Erisa Febriani; Muharnetti Syas
Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Vol 17, No 1 (2020): Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Publisher : Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36451/j.isip.v17i1.40

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai kemanusiaan yang terdapat dalam foto jurnalistik  tentang erupsi Gunung Agung, Bali, di Kompas.com. Paradigma penelitian yang digunakan ialah konstruktivis, dengan metodologi kualitatif, dan metode penelitian analisis semiotika model Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan, foto erupsi Gunung Agung yang disajikan sebagai ilustrasi teks berita dan menampilkan realitas apa adanya tanpa efek manipulasi. Makna denotasi memperlihatkan peristiwa pemantauan terhadap aktivitas, evakuasi pengungsi ke tempat pengungsian, situasi di tempat pengungsian, bantuan untuk para pengungsi, kunjungan presiden ke pengungsian, dan upacara ritual masyarakat. Makna konotasi yang diproduksi ialah  nilai kemanusiaan. Pada dimensi personal yaitu berupa ekspresi kekhawatiran dan kecemasan; dimensi sosial berupa kepedulian dan kesetaraan; serta dimensi kultural berupa kepasrahan dan kepercayaan spiritual. This study aims to examine the human values contained in photojournalism about the eruption of Mount Agung, Bali, at Kompas.com The research paradigm used is constructivist, qualitative methodology, and the semiotic analysis method of Roland Barthes's research model. The results of the study, showed a photo of the eruption of Mount Agung presented as an illustration of a news text and display the reality as it is without the effects of manipulation. The meaning of denotation shows the events of monitoring activities, evacuation of refugees to refugee camps, the situation at the refugee camps, assistance to refugees, presidential visits to refugees, and community rituals. The meaning of the connotation that is constructed is the personal human dimension in the form of an expression of concern, anxiety; social dimension in the form of caring and equality, and cultural dimension in the form of surrender and spiritual beliefs